Renungan Harian Pagi Sabtu, 2 Mei 2015-Tangan Kanan

"Tangan kanan-Mu, TUHAN, mulia karena kekuasaan-Mu, tangan kanan-Mu Tuhan, menghancurkan musuh" (keluaran 15:6)

      Pernahkah seseorang menggambarkan Anda seorang yang cekatan, gesit, atau terampil menggunakan tangan Anda? Saya menonton dengan takjub ketika jari-jemari lincah seorang pianis sangat terampil di atas piano menghasilkan nada-nada musik Rachmaninoff konserto ketiga atau salah satu Etudes transendental gubahan liszt yang indah. Atau bagaimanakah ketangkasan seorang ahli bedah saraf yang berbakat? Jari mereka yang terampil pada umumnya tidak dilihat publik, tetapi apa yang mereka bisa lakukan dengan tangan berbakat mereka cukup menakjubkan. Favorit saya pribadi adalah menonton seorang pelukis sketsa yang benar-benar terampil membuat lukisan atau gambar objek 3 dimensi secara rinci pada sehelai kertas 2 dimensi. Meskipun kata "cekatan” didefinisikan sebagai "terlatih" atau "tangkas" namun kata akar dexter yang merupakan kata latinnya, dapat berarti “kanan" (lawan kata "kiri"). Mengapa tangan kanan saya lebih terampil daripada tangan kiri saya, adalah suatu karakeristik yang saya tun jukkan bersama sembilan dari 10 orang di tengah masyarakat? Mengapa hanya 3 persen populasi yang ambidexterous (mereka yang menulis atau melempar sama baiknya menggunakan tangan kiri maupun tangan kanan)? Mereka memiliki le bih banyak simetri pada tubuh mereka dalam ketangkasan penggunaan tangan jadi 97 persen populasi menunjukkan asimetri dalam penggunaan tangan.
      Penelitian ilmiah pun menunjukkan bahwa seniman keyboard dapat melatih orang muda yang kurang asimetri dalam penggunaan tangan kanan mereka, walau tangan kiri mereka lebih sering digunakan ketika mereka masih muda. Secara umum, tangan kanan mereka lebih terampil daripada tangan kiri mereka. Dalam
satu tes pegangan, dari antara mereka yang sering menggunakan tangan kanan ternyata 90 persen memiliki tangan kanan lebih lemah, sementara hanya 10 persen memiliki tangan kiri yang lebih kuat. Sebaliknya, 33 persen dari orang kidal memiliki tangan kanan yang lebih kuat. Bagaimama dengan prestasi orang kidal? Beberapa studi menunjukkan bahwa lebih banyak dari mereka berprestasi tinggi. Empat dari tujuh presiden Amerika Serikat di masa lalu adalah orang kidal.
      Saya tertarik menemukan bahwa para penulis Alkitab berfokus pada tangan kanan ketika mereka memberikan jaminan kekuatan atau keselamatam atau posisi yang lebih penting. "Duduk di sebelah kanan Allah sering muncul dalam pernyataan, demikian juga "Dalam semarakmu itu majulah demi kebenaran, pe-
rikemanusiaan dan keadilan! Biarlah tangan kananmu mengajarkau engkau perbuatan-perbuatan yang dahsyat!" (Mzm. 45:4). Kidal atau tidak, itu tidak terlalu penting selama kita berada di tangan Allah, karena "Bapa- Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa" (Yoh. 10:29).
      Tuhan yang Mahaterampil, peganglah saya di tangan kanan Mu yang kuat. Jangan biarkan saya pergi.

Renungan Harian Pagi Minggu,3 Mei 2015-Satu Jalan

"Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa. kalau tidak melalui Aku" (Yohanes 14:6).

     Oh, itu dia! Mari, berdiri lebih dekat, dan perhatikan dengan cermat. Apakah yang Anda lihat di dalam kantong bunga kuning aneh ini? Lihatlah lebah kecil hijau metalik terang berjuang untuk hidup! Rupanya lebah itu tenggelam. Yang pasti, hidup lebah itu berakhir. Selama pendidikam pascasarjana, saya memiliki kesempatan menghabiskan beberapa minggu belajar di hutan berkabut di Meksiko bagian selatan. Tampak lebih banyak vegetasi tanaman area berkabut daripada di area yang panas, lingkungan yang lembap. Salah satu tanaman menarik di sana adalah anggrek Bucket kecil yang dinamai demikiam karena memiliki kantung besar yang penuh cairannya sendiri. Sebagian besar kantungnya memiliki rambut yang mengarah ke bawah dan permukaan yang sangat licin. Tetapi pada kantungnya terdapat pasak kecil atau batu loncatan yang memiliki fungsi yang penting.
      Anda lihat, anggrek bucket menarik perhatian beberapa lebah kecil, tetapi hanya lebah jantan, karena mereka secara aktif mengumpulkan lilin beraroma yang diproduksi oleh bunga. Lebah jantan mengumpulkan lilin menggunakan kaki depan dan memasukkannya ke dalam saku khusus pada kaki belakang. disimpan untuk digunakan di masa depan. lilin itu merupakan ramuam cinta yang digunakan lebah jantan kecil umtuk menarik perhatian lebah betina. lilin anggrek bucket dikeluarkan dalam jumlah kecil pada kantung vertikal kecil yang ramping di pusatnya yang penuh berisi cairan. Ruangan itu sangat licin. Anda bisa tebak! lebah jantan terbang di sekitar bunga, mencoba untuk mendapatkan lilin. Beberapa lebah itu akan tergelincir jatuh ke dalam kantung dan terjebak dalam cairan. Lebah yang terperangkap itu akan berjuang mati-matian untuk terlepas, tetapi tiada jalan lain untuk keluar dari perangkap kematian. Ketika kaki lebah-lebah itu mencari pijakan lain untuk lolos, mereka akam mengikuti pijakan yang kokoh itu menuju ke alas hingga ke sebuah ruangan kecil dan kering di bunga itu, di mana tamaman memiliki beberapa kantung serbuk sari tersembunyi di dalamnya. Sementara lebah mencapai ruangan yang mereka lihat sebagai jalan keluar yang menyerupai pintu atau lorong, namun lorong itu sangat sempit.
       Dan saat lebah memaksakan diri melewatinya, maka kantung serbuk sari kecil menempel ke pumggungnya. lebah bergerak lagi untuk berusaha keluar, kadang-kadang membutuhkan setengah hingga satu jam berusaha keras. Selama waktu itu maka lem yang melekat dari kantung serbuk sari ke punggungnya telah cukup mengering tertempel. Akhirnya dia dapat terbebas keluar, dan mencoba peruntunganya pada bunga yang lain, yang akan kembali melakukan penyerbukan. 
      Yesus, saya tenggelam di dunia dosa ini. Saya sudah mencoba semua macam cara untuk memanjat keluar dengan cara saya sendiri. Saya di sini sekarang. Bawalah saya kepada Bapa.

Renungan Harian Pagi Senin, 4 Mei 2015-Pemindahan Pohon

"Dalam segalu sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kami harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berhargia memberi dari pada menerima" (Kisah Para Rasul 20:35).

Pada musim semi, tampaknya hujan tidak akan berhenti. Anak sungai dan sungai telah meluapi aliranya. Dataran melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan selama curah hujan tinggi- menahan kelebihan air sampai banjir berhenti. Akhirnya hujan berhenti dan debit air sungai pun kembali normal. Beberapa minggu kemudian, saya dan anak saya menjelajah di sepanjang sisi aliran sungai dan menemukan bibit-bibit pohom maple setinggi enam inci yang mulai berkembang pada gundukan pasir. Tampaknya banjir telah mengangkut jutaan biji pohon maple, menghanyutkannya dan kemudian menanamnya di gundukan pasir. Karena kami membutuhkan beberapa pohon peneduh untuk halamam rumah kami yang hampir tanpa pohon. maka kami putuskam memgambilnya sebagai tawaran alam. Kami pun memhawanya pulang.
      Di salah satu sudut kebun, kami menamam lima hingga enam lusin dengan jarak sekitar satu kaki, kami berharap akan menjadi pembibitan pohon yang baik. beberapa tahun kemudian, beberapa gagal berkembang. Ada yang mengerdil dan tidak cocok untuk disebarkan. Tapi lusinan pohon bertumbuh lurus ke atas dan tinggi. Pada akhir musim gugur, kami menyebarkan beberapa pohon itu yang terpilih lalu memindahkan di area lebih lapang agar terus berkembang menjadi pohon maple yang bagus. Bibit yang ditinggalkan pada gundukan pasir mungkin tidak bertahan pada banjir berikutnya. jika kami tidak memindahkamya untuk kedua kalimya, kami akan memiliki pohon yang tumbuh terlalu rapat, lemah, dan kerdil. Bilamana saya mengikuti perkembangan pohon-pohon itu 22 tahun kemudiam, pohon -pohon itu telah mengubah halaman kami yang sebelumya tidak berpohon menjadi tamam yang indah.
     Bagaimanakah dengan Anda? Apakah Anda berkontribusi dengan cara mengorbankan diri bagi komunitas gereja di mama Anda berada? Atau Anda kehilangan kehidupan rohani Anda, gagal tumbuh karena terlalu ramai? Apakah terlalu banyak orang Kristen sehingga hanya sekadar duduk di bangku gereja
yang hangat seminggu sekali? Apakah Anda menjadi kerdil, tidak berfungsi sehingga potensi yang Allah rencanakan bagi Anda menjadi hilang? Pikirkanlah bagaimana Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan disebarkan ke suatu tempat pelayanan di mana Anda akan ditantang untuk bertumbuh dengan cara yang mungkin Anda tidak pernah bayangkan. Apakah misi Anda dalam hidup? Di manakah seharusnya Anda menyebarkan cabang Anda bagi Kristus?
       Tuhan, apakah ada tempat yang Engkau inginkan saya untuk di tempatkan? Engkau tahu bahwa saya ingin melayani-Mu oleh membantu orang lain. Saya menyadari bahwa ketika saya lulus melayani orang lain, sayalah penerima yang terbesar. 

Renungan Harian Pagi Selasa, 5 Mei 2015-Spesies Terancam dan Hampir Punah

"Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna. datangnya dari atas, diturunkun dari Bapa segala terang; pada-Nya tiduk ada perubahun atau bayangan karena pertukaran" (Yakobus 1:17).

      United States Fish and Wildlife Service bertanggung jawab mengawasi spesies ulang terancam dan hampir punah. Para ilmuwan mempertimbangkan jenis tanaman atau hewan menjadi spesises terancam bilamana hampir punah dalam waktu dekat, dan kemudian terdaftar sebagai spesies terancam jika tidak dilindungi dari ancaman kepunahan total atau sebagian besar. Seperti tulisan ini, daftar spesies yang terancam dan hampir punah terus bertambah dn Amerika Serikat, meliputi 1.374 tanaman dan hewan. Dari waktu ke waktu, lembaga ini akan menambahkan jenis tumbuhan dan hewan ke daftar tersebut jika memenuhi persyaratan hukum yang ketat. Suatu spesies kadang-kadang dihapus dari daftar jika: (1) Spesies itu keliru ditempatkan pada daftar karena satu alasan atau hal lainnya, (2) Spesies itu sekarang telah punah sehingga tidak ada lagi, atau (3) Jumlah populasi spesies itu telah bertambah banyak dan dinyatakan dalam level pulih.
     Seperti yang Anda bayangkan, setiap spesies yang terdaftar dan kemudian dihapus dari daftar memiliki cerita yang menarik. Misahya, jenis burung hantu kaktus (Ferruginous pygmy) dimasukkan ke daftar karena ahli biologi menemu kan sangat sedikit pada habitatnya di wilayah Arizona bagian selatan, Texas, dan Meksiko bagian utara. Tetapi kemudian karena proses pengadilan, burung hantu kaktus dihapus dari daftar. Perdebatan merebak apakah burung itu harus masuk daftar atau tidak. Di sisi lain, aligator Amerika dimasukkan ke dalam daftar ketika jumlahnya anjlok menyusut karena perburuan. Tapi sekarang jumlah telah
pulih, dan justru menjadi hama sehingga telah dihapus dari daftar. Yang terbaru dihapus dari daftar karena kepunahan adalah burung pipit pantai berwarna kehitaman, sejenis burung penyanyi yang tidak bermigrasi yang biasanya tinggal dan bersarang di rawa-rawa Pulau Merritt dan sepanjang Sungai St. Johns di Florida
bagian selatan.
      Alasan pertama, habitat burung ini adalah daerah berawa, dan untuk mengontrol populasi nyamuk maka dikeringkan dan selanjutnya untuk pembangunan jalan raya. Setelah itu, karena satu atau dua faktor lain maka spesies burung pipit ini hampir punah, seperti disebabkan oleh pestisida dan kehancuran habitat lanjutan akibat pembangunan, yang menyebabkan kepunahan spesies burung ini. Ditemukan terakhir mati pada 17 juni 1987. Perusakan habitat, perburuan, dan keinginan para pengoleksi adalah faktor-faktor paling membahayakan bagi tanamam dan hewan yang berakhir pada daftar spesies terancam dan hampir punah. Untuk menjadi penatalayan Allah yang baik, kita pelajari dengan baik tanaman dan hewan-hewan yang Dia telah tempatkan untuk kesenangan kita, dan merawatnya dengan kemampuan kita yang terbaik.
      Tuhan, maafkan saya karena ketidakpedulian saya yang ceroboh. Ajarkanlah jalan-Mu kepada saya. 

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan