Keajaiban Kayu

“Jadi naiklah ke gunung, bawalah kayu dan bangunlah Rumah itu; maka Aku akan berkenan kepadanya dan akan menyatakan kemuliaan-Ku di situ, firman TUHAN"' (Hagai 1:8).

Apakah ada hobi atau profesi yang lebih menyenangkan daripada tukang kayu? Yesus pasti ahli dalam hal itu. Saya bisa membayangkan Dia sekarang, memahat sambungan kayu yang sempurna untuk sesuatu yang dikerjakan ayahnya. Kayu adalah media yang sangat bagus untuk membuat banyak hal, selain lemari. Ketamlah kayu dan rasakan permukaan halus dan licin! Apa yang Anda rasakan adalah lapisan mikroskopis tunggal sel yang disebut kambium vaskular yang membuat kayu-sel demi sel, hari demi hari selama musim tanam. Dengan memanjang, sel ramping membelah di tengah, lalu ditambah lapisan sel lain berbentuk tabung panjang yang dikenal sebagai tracheids atau pembuluh ke permukaan luar yang keras. Sel-sel kayu menjadi solid karena penebalan dinding selulosa, dan terjadinya lignin keras pada dinding sel pohon, dan kemudian mengalami aus yang membuat dinding sel lignifikasi kosong sebagai saluran baru untuk air yang mengalir dari akar ke pucuk pohon.

Sebuah pohon besar yang disiram dengan baik akan menguapkan 300 hingga 400 galon air dari pori-pori daun pada hari musim panas yang panas. Air yang mengalir membawa serta larutan encer mineral yang digunakan daun dalam fotosintesis. Dengan menggabungkan karbon dioksida atmosfer, air, dan mineral, maka terbentuklah senyawa organik yang disebut fitokimia. Pohon mengangkut dan menggunakannya sebagai blok bangunan untuk membuat sel baru atau menyimpannya dalam lapisan kayu. Lihatlah kayu yang masih basah, dan Anda akan mencium aroma bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Kenari hitam adalah kayu berurat keras dengan aroma seperti kacang. Dengan pembuluh yang besar, pohon ek merah berpori sangat besar dan baunya agak masam. Siapakah yang tidak suka aroma pinus putih yang lembut dengan aroma resinnya? Setiap kayu memiliki tampilan yang unik, aroma yang khas, dan fungsinya yang sangat berguna. Misalnya, pemukul bisbol terbuat dari kayu ash. Ceri hitam, kenari hitam, mahoni, dan ek menjadi kayu perabot yang indah. Gagang peralatan menggunakan kayu hickory. Red wood dan cedar yang besar untuk konstruksi di luar ruangan, karena tahan terhadap, pembusukan. Pikirkan semua pohon eksotis seperti spalted maple dan beech, bubinga dan wenge, ebony, zebra-wood, purpleheart, dan rosewoocL Keindahan dan fungsi kayu sungguh memesona. Kita menemukan berbagai jenis kayu yang tak habis-habisnya dalam tekstur dan pola. Tidak ada dua tekstur yang sama. Dapatkah Anda mengatakan bahwa Anda mencintai kayu? Yesus pasti mencintai kayu juga, karena Ia membuatnya begitu kaya dalam keindahan dan fungsinya.

Oh Perancang yang agung, gunakanlah saya dalam cara yang Engkau rencanakan untuk hidup saya.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan