Goodpasture

“Lidah mereka adalah anak panah yang membunuh, perkataan dari mulutnya adalah tipu; mereka berbicara damai dengan temannya, tetapi dalam hatinya mereka merancang pengadangan terhadapnya” (Yeremia 9:8).

Ernest William Goodpasture adalah ahli patologi muda yang melayani Angkatan Laut Amerika Serikat selama Perang Dunia I, ketika dia menangani seorang prajurit muda yang diduga terkena flu bersama batuk darah dan menderita peradangan pada pembuluh darah kecil di ginjal, yang memengaruhi dia kencing. Kondisinya ternyata lebih daripada sekadar flu, dan sekarang dikenal sebagai Sindrom Goodpasture, penyakit di mana sistem kekebalan tubuh overaktif, yang menyerang sel dan jaringan sendiri.

Ilmu kedokteran sekarang ini mengklasifikasikan hampir 30 penyakit autoi-mun, termasuk contoh umum seperti diabetes tipe 1, multiple sklerosis, psoriasis, dan rheumatoid arthritis, serta sindrom yang jarang ditemui yaitu Goodpasture dan Wegener granulomatosis. Apa pun masalahnya, makin banyak kita belajar tentang beberapa penyakit, semakin banyak yang diakui sebagai gangguan au-toimun.

Penyakit autoimun harus dipertimbangkan sebagai salah satu bentuk pengkhianatan tingkat tinggi yang terburuk di dunia. Ketika sesuatu yang dirancang untuk melindungi tubuh mengamuk dan mulai menyerang dengan sistem operasi yang sempurna dan baik, apakah yang bisa dilakukan? Ketika kaki Anda sakit karena ada batu di sepatu Anda dan dokter atau Anda tidak tahu tentang batu itu, maka solusinya mungkin termasuk perban dan salep dan kaki Anda tetap sakit. Demikian pula, pengobatan baris pertama untuk penyakit autoimun biasanya fokus untuk menghilangkan gejala. Ketika pengobatan tersebut tidak memberikan hasil yang bertahan lama, patolog yang baik seperti pada goodpasture adalah mencari penyebab yang sebenarnya, dan mencoba untuk mengeluarkan batu dari sepatu. Untuk kasus yang benar-benar parah, obat imunosupresif seperti siklosporin atau tacrolimus (produk lain dari jamur) dapat membantu sedikit untuk sementara, tetapi tidak selektif terhadap penyembuhan. Seluruh sistem kekebalan tubuh akan ditekan, sehingga seluruh tubuh rentan infeksi dan kanker yang biasanya akan dihadapi sistem kekebalan tubuh. Intinya adalah tidak ada “obat” untuk penyakit autoimun. Terapi gen masih menjalani uji klinis. Saat ini yang bisa kita lakukan adalah melalui langkah-langkah pengobatan sementara.

Satu-satunya obat untuk dosa di bumi adalah menghilangkannya secara total. Karena semua orang telah berdosa, satu-satunya keselamatan kita adalah bersembunyi dalam Yesus selama pembasmian.

Tuhan, lindungilah saya dengan darah-Mu yang tertumpah sehingga saya bisa tetap sembuh dan hidup dengan-Mu.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan