Diperas Menjadi Cetakan

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna’’ (Roma 12:2).

Tangga curam yang menanjak ke Quarry Walcott di Mount Field bukanlah untuk pemula. Begitu Anda berada di sana, panorama menakjubkan sepanjang Kicking Horse Valley Mount Stephen dengan Danau Emerald jauh di bawah membuat semua perjalanan begitu berharga. Bonus yang tak terduga adalah jutaan fosil di bawah kaki Anda. Anda tidak dapat berjalan jauh tanpa menginjak fosil. Pengunjung sekarang ini harus membuat perjanjian dengan pemandu Burgess Shale Geoscience Foundation, dan Parks Canada untuk terus memantau dan melindungi situs itu karena berada di Yoho National Park. Tahun yang lalu ketika saya berkunjung, seseorang bisa mengambil batu dan memecahkannya untuk melihat fosil. Kami menemukan trilobita, cacing, karang, dan artropoda laut yang melimpah. Spesies yang paling umum di sana adalah marrella splendens, sebuah makhluk artropoda kecil yang sangat sulit untuk dijabarkan karena tidak seperti itu yang kita kenal sekarang ini.

Ahli paleontologi (yang mempelajari sisa-sisa kehidupan purba) memberi-tahu kita bahwa sejumlah metode pelestarian fosil memberikan bukti kehidupan di masa lalu. Beberapa hewan meninggalkan jejak kaki, liang, atau bekas tubuhnya di lumpur atau pasir. Dalam kasus tersebut, kita tidak memiliki- sisa-sisa organisme itu sekarang, hanya tercetak dalam sedimen yang menunjukkan bahwa mereka pernah ada. Tipe lain dari fosil adalah sisa-sisa sebenarnya hewan atau tumbuhan tersebut. Ini dapat terdiri dari tulang atau gigi. Kadang-kadang molekul individu binatang atau tumbuhan itu telah tergantikan, satu per satu, sampai seluruh spesimen menjadi mineral (menjadi batu), seperti yang terjadi pada pohon hutan dan banyak nautiloid yang membatu. Kadang-kadang kita menemukan rongga di gua atau jejak di mana makhluk terletak pada sedimen dari waktu ke waktu sebelum mereka menghilang. Jika rongga berbentuk organisme kemudian diisi dengan sedimen, maka menjadi gips. Mereka selalu membetuk cetakan. Rincian alami mereka tergantung pada kualitas cetakan eksternal yang mereka buat dan ukuran bahan pengecoran.

Paulus menggunakan cetakan dan pengecoran ini dalam Roma 12:2, di mana ia memberi kita perintah negatif yang kuat. Janganlah kamu menjadi serupa ke dunia ini, ia katakan. Jangan biarkan dunia menekan Anda ke dalam cetakannya. Jangan biarkan sistem dunia membentuk Anda. Sebaliknya, katanya, harus berubah.

Tuhan, perbaharuilah pikiran saya sehingga saya dapat mengetahui keinginan-Mu yang baik dan sempurna bagi hidup saya.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan