Program Sabat Ketigabelas

Pembawa Berita: Dua narator: [Para pembicara tidak perlu menghafal kata demi kata, tetapi perlu menguasai bahan yang akan dibawakan].

Alat Peraga: Sebuah peta besar Divisi Asia-Pasifik Selatan. (Pindai gambar peta di bagian belakang unduh peta di www. AdventistMission.org dan tampilkan di layar atau gambarlah peta di sebuah kertas yang besar agar dapat dilihat oleh jemaat). 

Narator 1: Divisi Asia-Pasifik Selatan terdiri dari 13 negara dan gabungan beberapa pulau. Beberapa dari negara-negara ini sangat terbuka kepada Injil dan hubungan
keanggotaan sangat kuat, namun negara-negara yang lain memberikan tantangan yang sulit bagi gereja. Saat ini kita akan berfokus pada Timor Leste, Sri Lanka, dan Bangladesh.

Narator 2: Timor Leste, juga dikenal dengan Timor Timur, merupakan sebuah pulau yang terletak kira-kita 400 mil (640 km) dari arah barat laut Darwin, Australia. Pulau ini memiliki luas 14.874 meter persegi dan berbangga karena memiliki beberapa garis pantai yang indah. Penduduk Timor Leste dikenal sebagai orang Timor Timur Terdapat 12 bahasa daerah yang digunakan di negara tersebut, namun kebanyakan orang fasih berbicara bahasa Indonesia. Menariknya, mata uang negara tersebut ialah dollar Amerika.

Narator 1: Mayoritas penduduk di Timor Leste beragama Roma Katolik, diikuti dengan Protestan, Muslim, Hindu, dan Buddha.Timor Leste ialah salah satu dari dua negara-agama Roma Katolik di Asia Tenggara, yang lainnya ialah Filipina.

Narator 2: Pada bulan Mei, 2002, Timor Leste menjadi negara merdeka pertama di abad ke-21. Sementara negara ini bertumbuh dan berkembang, kebebasan ber-agama masih merupakan sebuah tantangan. Para murid khususnya menghadapi tantangan sekolah dan jadwal ujian yang diadakan pada hari Sabtu. Banyak orang-orang muda menderita demi iman mereka dengan tidak pergi ke sekolah pada hari Sabat. Inilah satu alasan yang sangat penting akan didirikannya sekolah Advent di ibukota negara, Dili. Persembahan Anda Sabat Ketigabelas hari ini akan menolong membangun sekolah ini.

Narator 1: Daerah misi Timor Leste pertama kali diorganisir pada tahun 2009 dan kembali diorganisir lagi pada tahun 2011. Penduduk Timor Leste berjumlah 1,2 juta orang, dan terdapat hanya 516 orang anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Perbandingannya ialah 1 orang Advent di antara 2.326 orang. Tolong doakan sekolah Advent yang baru di Timor Leste dan terima kasih telah memberikan persembahan misi Sabat Ketigabelas dengan limpahnya.

Narator 2: Mari melakukan perjalanan sejauh 3.308 mil (5.323 km) barat dan utara dari Timor Leste, kita akan tiba di negara Sri Lanka. Negara pulau ini dikenal sebagai "tetesan airmata India" karena bentuk dan letaknya dekat dengan India. Sri Lanka merupakan daratan tertua oleh karena itu telah menyimpan sejarah lebih dari 3000 tahun. Karena letaknya, Sri Lanka telah menjadi rute perjalanan strategis yang penting dari Jalan Sutera. Negara tersebut bermacam-macam penduduk, rumah bagi banyak agama, etnis, dan bahasa.

Narator 1: Sri Lanka kuno juga merupakan negara pertama di dunia yang mendirikan rumah sakit pada abad ke-4. Itu juga menjadi pelopor ekspor kayu manis ke negara-negara kuno lainnya.

Narator 2: Sri Lanka memiliki sejarah Buddha yang kaya, datang dari India pada tahun 250 Sebelum Masehi. Kerajaan-kerajaan kuno di Sri Lanka menjalankan sejumlah besar sekolah-sekolah Buddha dan biara-biara yang menjadi promosi agama Buddha di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Narrator 1: Saat ini, 70 persen populasinya beragama Buddha. Agama Buddha diberikan pengakuan khusus pada undang-undang negara Sri Lanka yang mengharuskan penduduk Sri Lanka "menjaga dan melestarikan Sasana Buddha."

Narrator 2: Agama Hindu merupakan agama kedua terbesar di Sri Lanka, walaupun Hindu yang pertama kali masuk di Sri Lanka sebelum agama Buddha. Saat ini, 13 persen populasi beragama Hindu.

Narrator 1: Islam merupakan agama dominan ketiga di Sri Lanka. Itu dibawa masuk oleh pedagang-pedagang Arab pada sekitar abad ke-7 Tarik Masehi. Pemeluk agama Islam di Sri Lanka saat ini berjumlah 10 persen dari populasi. Banyak yang merupakan turunan dari para pedagang Arab yang menikah de-
ngan wanita-wanita setempat.

Narrator 2: Kekristenan masuk ke Sri Lanka melalui penjajahan negara Barat pada awal abad ke-16. Sekitar 7,4 persen populasi beragama Kristen, di mana 82 persennya ialah Roma Katolik. Kristen yang lain terbagi rata menjadi Gereja Anglican dan denominasi Protestan lainnya.

Narrator 1: Pada survei Gal-lup tahun 2008, Sri Lanka meraih rangking ketiga negara yang paling religius di dunia, dengan 99 persen penduduk Sri Lanka menyatakan bahwa agama merupakan bagian yang penting dari kehidupan mereka sehari-hari.

Narrator 2: Daerah Misi Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Sri Lanka diorganisir pada tahun 1950. Saat ini daerah tersebut memiliki 37 gereja dan 3.932 anggota jemaat. Kampus dan Seminari Advent Lakpahana telah mendidik anak-anak Sri Lanka selama berpuluh-puluh tahun. Namun, mereka masih belum memiliki gedung gereja di kampus tersebut. Persembahan Sabat Ketigabelas saudara akan membantu membangun sebuah gereja di dalam kampus.

Narrator 1: "Daratan Bengal" atau lebih dikenal dengan Bangladesh, terletak di sebelah timur India dan timur laut Sri Lanka. Bangladesh merupakan negara ke-8 yang
paling banyak penduduk, dengan 160 juta orang, dan salah satu dari negara yang paling padat penduduk di dunia.

Narrator 2: Bangladesh merupakan rumah bagi orang-orang di dataran pinggir Sungai Gangga-dataran pinggir sungai terbesar di dunia. Macan Kerajaan Bengal merupakan binatang nasional Bangladesh. Macan ini memiliki suara raungan yang dapat terdengar hingga 2 mil (3 km) jauhnya. Sejak tahun 1991, Bangladesh telah melakukan perbaikan-perbaikan signifikan dalam aspek ekonomi, pendidikan dasar, produksi makanan, dan kesehatan.

Narrator 1: Islam merupakan agama mayoritas di Bangladesh, yaitu sebanyak 86,6 persen penduduk. Islam diperkenalkan oleh para pedagang Muslim dan misionaris Muslim setelah abad ke-7, namun agama Muslim baru menduduki negara Bengal pada awal abad ke-13. Saat ini, Bangladesh merupakan negara ke-4 dengan populasi Muslim terbesar setelah Indonesia, Pakistan, dan India.

Narrator 2: Agama Hindu berjumlah 12,1 persen persen dari populasi Bangladesh, di mana mereka merupakan kelompok agama Hindu ketiga terbesar di dunia setelah India dan Nepal. Hanya 1 persen populasi beragama Buddha, dan hanya 0,3 persen beragama Kristen.
Narrator 1: Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh memasuki negara Bangladesh pada awal abad ke-20, dan Uni Mission Bangladesh pertama kali diorganisir pada tahun 1919. Kemudian diorganisir kembali pada tahun 1938 dan 1979. Saat ini, terdapat 116 gereja dan 35.697 anggota.

Narrator 2: Uni Mission juga mengoperasikan Kampus dan Seminari Advent Bangladesh yang terletak di Gazipur. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga profesional di negara tersebut, yakni perawat-perawat Kristen, kampus tersebut berencana membuka program ke-perawatan. Persembahan Sabat Ke-tigabelas saudara akan membantu membangun gedung yang paling dibutuhkan untuk sekolah kepera-watan yang baru di Bangladesh.

Narrator 1: Sebagaimana triwulan ini kita telah mendengar cerita-cerita dari Saudara-Saudari kita dari Timor Leste, Sri Lanka, dan Bangladesh, matilah kita mempertimbangkan bagaimana cara kita agar dapat membantu menyelesaikan misi mereka melalui Sekolah Advent di Timor Leste, sebuah gereja di Sri Lanka, dan sebuah gedung sekolah yang baru untuk program keperawatan di Bangladesh. Terima kasih atas pemberian saudara dengan limpahnya pada persembahan Sabat Ketigabelas hari ini.

[Persembahan dikumpulkan].

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan