Papan Permainan Dam Garam

“Garam memang baik, tetapi jika garam menjadi hambar, dengan apakah kamu mengas-inkannya?” (Markus 9:50).

SHaya duduk di konsol mikroskop elektron kami yang baru. Sementara cahaya menerpa kristal garam yang kecil di panggung peltier, kubus kecil berbentuk sempurna terlihat pada panel- layar datar. Kursor memungkinkan saya.untuk mengontrol kelembaban dalam bilik itu. sementara saya menyesuaikani tetesan kecil air berkumpul di kubus dan dalam beberapa detik kristal hancur. Kemudian, ketika saya menggerakkan kursor untuk menurunkan kelembaban, tietesan air menyusut dan banyak kubus kecil garam yang terbentuk sebagai ion menemukan tempat mereka dalam lasi kristal baru. Bagaimanakah air membuat garam menghilang? Dan kemudian sementara air menguap; bagaimanakah garam muncul kembali?

Ion natrium, memiliki muatan positif dan ion klorida membawa muatan negatif. Jadi dalam kisi kristal keduanya dudiik berdampingan. Ketika ribuan' ion berkumpul, Anda tidak pernah melihat dua ion natrium bersama-sama atau dua ion klorida bersama-sama (ingat bahwa muatan yang sama saling menolak); JM pikirkan untuk membuat tumpukan besar kotak dari dua warna yang berbeda Ketika Anda menumpuk kotak, Anda harus menempatkan warna bergantian sehingga tidak ada dua warna yang sama yang pernah ada di samping atau dl atas yang lain. Pikirkan tumpukan besar kotak berwarna dalam; pola kotak-kotak.

Dalam benak saya; saya melihat molekul air yang tampak seperti lbgo Mickey MoUse yang terkenal (lingkaran hitam sederhana untuk wajah dan dua lingkaran' yang lebih kecil untuk telinga). Lingkaran besar wajah melambangkan atom oksigen tunggal. Masing-masing telinga melambangkan atom hidrogen; Keindiahaw dari interaksi air-garam adalah dalam rincian mengenai bagaimana molekul air Miekey Mbuse berkumpul di sekitar tumpukan kotak natrium klorida yang rapi;

Karena baik ion dalam tumpukan maupun molekul air memiliki muatan1, mereka menarik satu sama laini Perhatikan sekarang sementara muatan positif telinga dari puluhan molekul air kecil' mengelilingi ion tunggal klorida bermuatan negatif yang relatif besar. Mereka1 memisahkannya dari tumpukan; diam; dari mereka pergi, bersama-sama. Demikian pula segerombolan bermuatan negatif wajah Miekey Mouse dari molekul air berkerumun di sekitar ion natrium yang bermuatan positif memisahkan diri dari tumpukan. Dalam waktu singkat, setiap ion natrium dan setiap ion klorida dipisahkan; dari yang; lain oleh pengaruh molekul air, tidak membiarkan mereka membentuk kembali1 tumpukan mereka. Tapi itu mudah untuk melihat bagaimana, kapan air menguap, tumpukan dibangun kembali, ion demi ion, untuk membentuk kubus sempurna lagi. Dengan diiciptakannya menurut gambar Allah, saya juga menikmati melihat keteraturan dan pengorganisasian.

Tuhan, saya berdoa untuk kesederhanaan dan ketertiban dalam hidup saya-Bawalah saya untuk selaras dengan kehendak-Mu.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan