SIAPAKAH GERANGAN YESUS INI?

"Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia” (Yohanes 1:9).

Yesus sudah menunjukkan bahwa Dia berbicara penuh kuasa dan Dia memiliki kuasa mengatasi penyakit, alam, hal-hal supraalami, dosa, dan bahkan maut.

Tetapi siapakah gerangan Yesus ini? Dan apa arti-Nya bagi saya? Jawabannya adalah bahwa Dialah yang “akan menarik semua orang datang kepa-da-Ku” (Yoh. 12:32). Jawaban lain, dikemukakan rasul Yohanes, menggambarkan Yesus sebagai “Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang” (Yoh. 1:9)'. Kata-kata “semua” dan “setiap” penting di dalam ayat itu. Yesus tidak hanya memengaruhi mereka yang bertemu langsung dengan-Nya selama Dia berada di dunia. Dia tidak hanya memberkati mereka yang mendengar Dia berkhotbah atau mengalami kuasa penyembuhan-Nya. Tidak. Dia “menarik” dan mencerahkan “semua” orang sepanjang koridor sejarah. Dan itu berarti “setiap” orang yang pernah dilahirkan, entah mereka pernah mendengar nama Yesus atau tidak. Melalui Roh Kudus, Dia mencerahkan pikiran-pikiran perorangan di seluruh dunia, walau mereka tak pernah mendengar pekabaran Injil dari bibir seorang pengkhotbah manusia.

"Kapan saja ada dorongan kasih dan simpati, di mana saja hati menjangkau keluar untuk memberkati dan mengangkat orang lain, di sana diungkapkan bekerjanya Roh Kudus Allah. Pada bagian terasing dalam kekafiran, orang-orang yang tidak mempunyai pengetahuan tentang hukum Allah yang tertulis, yang bahkan tidak pernah mendengar nama Kristus, namun bersikap baik kepada para hamba-Nya, melindungi mereka dengan risiko nyawa mereka sendiri. Tindakan mereka memperlihatkan bekerjanya kuasa Ilahi. Roh Kudus telah menanamkan kasih karunia Kristus di dalam hati orang yang masih biadab, mendorong simpatinya mengalahkan sifatnya, berlawanan dengan pendidikannya. ‘Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang,... datang ke dalam dunia’ (Yoh. 1:9), bersinar dalam jiwanya, dan terang ini, jika diperhatikan, akan membimbing kakinya ke kerajaan Allah” (Christ’s Obejct Lessons, hlm. 385).

“Mereka yang dipuji oleh Kristus pada masa pehukuman mungkin telah mengetahui sedikit saja tentang teologi, tetapi mereka telah menaruh prinsip-prinsip ini dalam hati. Oleh pengaruh Roh Ilahi, mereka telah menjadi suatu berkat bagi orang-orang yang berada di sekeliling mereka.... Di antara orang kafir terdapatlah orang-orang yang menyembah Allah dengan tidak mengetahuinya, mereka yang kepadanya terang ini tidak pernah disampaikan dengan perantaraan manusia, namun mereka tidak akan binasa.... Perbuatan mereka membuktikan bahwa Roh Kudus telah menjamah hati mereka, dan mereka dikenal sebagai anak-anak Allah” (Alfa dan Omega, jld. 6, hlm. 275, 276).

Siapakah Yesus? Terang dunia, yang memiliki kuasa untuk memberi terang dan menarik setiap orang yang pernah hidup.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan