TERLALU BANYAK ORANG KRISTEN "AIR"

"Yesus menjawab, kata-Nya: ‘Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.’ Kata Nikodemus kepada-Nya: ‘Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?’ Jawab Yesus: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh’” (Yohanes 3:3-6).

Yesus mengetahui yang ada di dalam hati Nikodemus. Dan Dia tahu apa yang dibutuhkan pemimpin kaya raya orang-orang Farisi itu.

Nikodemus perlu dilahirkan kembali atau dilahirkan dari atas. Tidak cukup sekadar dilahirkan sebagai seorang anak Abraham ke dalam bangsa perjanjian Israel. Bagaimanapun dia menginginkan sesuatu yang lebih.

Di sini Injil keempat mengangkat sebuah tema yang mula-mula diperkenalkan dalam Yohanes 1:12,13. Di sana kita membaca, “Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.”

Banyak orang di zaman kita meyakini bahwa semua manusia secara otomatis adalah anak-anak Allah-bahwa Allah adalah Bapa semua orang. Tidak begitu. Dia bisa saja Pencipta mereka, tetapi itu tidak berarti bahwa Dia adalah Bapa mereka.

Alkitab jelas mengenai hal ini. Hanya mereka yang lahir dari Roh dan telah menyambut di dalam iman, menjadi bagian keluarga Allah. Mereka kemungkinan dilahirkan sebagai orang Yahudi, Katolik, Advent, atau Baptis, tetapi itu tidak menjadikan mereka bagian keluarga Allah.

Itulah yang Yesus beritahu kepada Nikodemus. Dia memerlukan baptisan ganda-baptisan air dan baptisan Roh supaya dia dapat dilahirkan dari atas sebagai bagian kerajaan Allah.

Di zaman kita, justru pada saat pembaptisan ganda masalah memasuki gereja. Semua anggota gereja menurut definisi sudah dibaptis dengan air. Tetapi itu hanya setengah dari apa yang mereka butuhkan. Dan bagian ini sangatlah kurang. Lebih penting lagi, mereka harus memiliki hati yang baru dan mendapatkan kuasa untuk hidup seperti Kristus melalui baptisan Roh Kudus.

Masalahnya adalah bahwa terlalu banyak anggota gereja “air." Mereka bagian dari gereja tetapi bukan bagian keluarga Allah di surga. Dari kelompok “air” inilah menjalar pertikaian, fitnah, dan segala jenis masalah di dalam gereja yang kelihatan.

Tuhan, tolonglah saya hari ini untuk mau keluar dari air dan masuk ke dalam Roh. Saya membutuhkan bantuan-Mu sekarang.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan