Kontak Mata

"Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kau tempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu" (Mazmur 32:8).

       Saya tidak tahu mengapa, tapi kita semua menyadari. Kita bisa tahu ketika seseorang melihat langsung kepada kita. Ketika dua orang berpandangan satu sama lain, kita menyebutnya kontak mata. Misalnya, jika seseorang mengalihkan tatapannya ke dahi atau hidung, hanya beberapa milimeter dari posisi Anda, maka Anda akan bertanya-tanya dalam hati apakah Anda memiliki tanda lemak, noda tinta, atau jerawat muncul. Tidak membutuhkan pelatihan khusus untuk mengetahui ketika seseorang terfokus pada mata Anda. Mungkin itu sebabnya begitu membingungkan untuk berbicara dengan seseorang yang memiliki "lazy eye" atau mata malas, yaitu bila salah satu mata seseorang tidak menunjukkan reaksi. Selama percakapan, sulit untuk membedakan apa yang dilihat matanya. Satu mata melihat Anda, tapi apakah yang dilakukan mata yang lain? Mata malas adalah suatu kondisi dengan nama teknis "ambliopia" dan penyebab yang paling umum bagi pengelihatan buruk pada anak-anak, yang memengaruhi sekitar tiga dari setiap 100 anak. Mata malas dapat menyebabkan bola mata keluar atau masuk karena ketidakseimbangan otot. Karena otot di satu mata lebih kuat, maka kedua bola mata tidak bergerak secara bersamaan. Jika diabaikan terlalu lama, kondisi ini bisa mengakibatkan gagal melihat secara permanen. Pengobatannya sederhana biasanya dapat memperbaiki masalah ini.
       Amati bagaimana mata seseorang bergerak ketika mereka membaca. Kedua mata bergerak seolah-olah kedua mata itu adalah satu. Setelah itu, perubahan seketika posisi mata adalah menakjubkan untuk diperhatikan. Tidak heran orang menyebut mata sebagai jendela jiwa. Perhatikan, berupa sering kita memberikan arahan atau mengomunikasikan pesan penting dengan mata kita. Seseorang bertanya di mana Anda menyimpang kunci Anda. Tanpa berkata-kata atau bahkan menggerakkap kepala kita, maka kita dengan mudah dapat memberi isyarat dengan mata kita, membiarkan mata memandang ke saku persis di mana kunci itu tersimpan. Jika seseorang membuat komentar atau pertanyaan konyol, kita dapat memberitahu mereka betapa bodohnya itu hanya dengan memutar bola mata kita. Mata kita memberitahu orang lain apakah kita senang kepada sesuatu atau merasa bosan. Dengan menatap mata seseorang, kita dapat mendeteksi apakah dia mengatakan yang sebenarnya atau berbohong kepada kita. Beberapa mengngkapkan cinta atau mengintimidasi dengan mata mereka. Dalam semua kasus ini, bagaimanapun, orang menjadi dekat satu sama lain dengan kontak mata satu sama lain, juga dalam menyampaikan pesan dengan berhasil. Penggalan akhir ayat Mazmur 32:8 dalam New King James Version dan beberapa terjemahan lain mengatakan bahwa Allah menuntun kita dengan mata-Nya. Saya rindu untuk melihat mata indah-Nya yang penuh kasih secara langsung. 
      Tuhan, biarlah saya selalu memiliki kontak mata dengun·Mu, sehingga saya bisa melihat tatapan-Mu yang membimbing.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan