Pendalaman : 

      "Lukas, selaku penulis Injil yang namanya tertera di sana adalah seorang pelayan kesehatan. Dalam Kitab Suci dia disebut 'Tabib Lukas yang kekasih Rasul Paulus, mendengar tentang keterampilannya sebagai seorang dokter dan mencari dia sebagai seorang yang kepadanya telah dipercayakan Tuhan satu pekerjaan khusus. Dia mendapatkan kerjasamanya, dan sewaktu-waktu Lukas menemaninya dalam perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain. Setelah itu Paulus meninggalkan Lukas di Filipi, Makedonia. Di sini dia meneruskan pekerjaan untuk beberapa tahun lamanya sebagai seorang dokter dan guru agama. Dalam pekerjaannya selaku dokter, dia melayani orang sakit, lalu dia berdoa agar kuasa Allah menyembuhkan orang-orang yang dirundung malang. Demikianlah terbuka jalan untuk pekabaran keselamatan. kesuksesan Lukas selaku dokter membuka kesempatan baginya untuk memberitakan Yesus di antara orang kafir." 
-Ellen G. White, Membina Keluarga Sehat, hlm. l20. 
     Pertanyaan-pertanyaan untuk Didiskusikan: 
   1. Jika Lukas dalam menulis Injilnya mempertimbangkan bahan-bahan yang telah diterbitkan sebelumnya, bagaimanakah kita memahami ilham Kitab Suci (2 Tim. 3:l6)? Bagaimanakah cara kerja ilham? Lihat Ellen G. White, " The Inspiration of the Prophetic Writers, " Selected Messages, buku 1, hlm. 15-23. 
    2. Kelahiran dari seorang perawan adalah perbuatan Allah, ditandai dengan rahasia, keagungan, dan misi-Nya. Ini benar-benar di luar pemahaman manusia juga. Tetapi pertanyaannya adalah "Lalu bagaimana?" Berapa banyak hal sekular terjadi di luar pemahaman manusia juga? Jika Tuhan itu ada, dan Dia memiliki kuasa untuk menciptakan dan mempertahankan alam semesta, mengapa sesuatu seperti kelahiran dari seorang perawan harus terjadi di luar kuasa-Nya? Hanya mereka yang pandangannya terbatas pada hukum-hukum alam saja (setidaknya yang sekarang kita mengerti) secara teori, dapat menolak gagasan kelahiran dari seorang perawan. Sebaliknya, mereka yang menggabungkan pandangan supranatural, teorinya, tidak punya alasan untuk menolaknya. Bagaimanapun, perhatikanlah apa yang dikatakan malaikat itu kepada Maria setelah memberikan kepadanya berita yang luar biasa itu: "Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil” (Lukas l :37). 
     3. Seorang pewawancara TV Amerika dilaporkan telah mengatakan bahwa jika ia memiliki kesempatan, orang yang ia paling ingin wawancarai adalah Yesus, dan dia akan bertanya kepada-Nya hanya satu pertanyaan: "Apakah Anda betul-betul lahir dari seorang perawan?" Kenapa pertanyaan itu, dan jawaban untuk pertanyaan itu, begitu penting?

2 komentar :

  1. hy...
    terimaksih sudah share renungan dan s.sabat, boleh di share updatean sekolah sabat ga?? kebetulan sekolah sabat saya ketinggalan, saya nge kost di jakarta, saya lagi cari soft copy sekolah sabat yang triwulan ini, I need it,, paling tidak untuk minggu ini aja dech, solanya jumat besok saya sudah balik lagi ke rumah. Terimakasih GBU

    ReplyDelete
  2. Hi, Terimakasih juga sudah dibaca..^_^

    Minggu ini sudah saya postingkan untuk Sekolah Sabat tanggal 2-8 mei 2015, tapi sebagian bergambar pelajaran ke-7 saya usahakan dalam bentuk teks, GBU
    http://sabatday.blogspot.com/2015/05/sekolah-sabat-pelajaran-6para-wanita.html

    ReplyDelete

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan