Eraldo mengetahui benar daerah hulu Sungai Amazon, ia telah menghabiskan beberapa tahun sebagai nahkoda kapal untuk Gereja Katolik Roma, Ia mampu menyusuri sungai-sungai terkenal dengan mudahnya, kadangkala ia membawa seorang pendeta untuk mengunjungi anggota parokinya, tetapi kadangkala ia bepergian sendiri untuk membawa berbagai tugas kerohanian. Meskipun ia bukan seorang pendeta, para penduduk lokal menganggapnya sebagai "orang suci" dan pendetanya memberi otoritas kepadanya.

Suatu hari, beberapa orang di desa itu memberi tahu Eraldo tentang kapal lain yang berlayar di Sungai Amazon, mencari orang-orang untuk bergabung dengan sebuah agama yang aneh. Nama dari kapal itu ialah Luzeiro. Orang-orang di kapal ini pergi dari desa ke desa, menawarkan bantuan kesehatan kepada penduduk desa, dan kemudian mengundang mereka untuk menghadiri pertemuan-pertemuan keagamaan.

"Pintar-pintarlah," Eraldo mengatakan kepada para informannya, "Terimalah obat-obatan mereka, tetapi jangan dengarkan mereka, dan jangan pergi ke pertemuan-pertemuan mereka. Dan jika mereka bertanya untuk tinggal di desa Anda, Anda dapat melemparkan batu-batu kepada mereka atau bahkan membakar rumah-rumah mereka-itu tidak masalah."

Tidak beberapa lama berselang, Eraldo melihat kapal Luzeiro di Sungai Amazon. Berpikir bahwa ia akan menakuti orang-orang yang ada di dalam kapal itu, Eraldo dengan cepat memosisikan kapalnya tepat di depan Luzeiro, sehingga menyebabkan nakhoda kapal Luzeiro melakukan belokan tajam untuk menghindari tabrakan kapal. Ketika ia menghadap ke belakang, Eraldo terkejut dan merasa 
jeng

Fakta Terkini
- Brasil merupakan rumah bagi banyak sekali jenis binatang,termasukarmadilo, tapir,jaguar dan puma.
- Aktivitas manusia seperti penebangan pohon, pertambangan, penangkapan ikan, dan pertanian merupakan bagian yang penting terhadap ekonomi penduduk Brasil, tetapi juga merupakan ancaman lingkungan yang  serius pada negara mereka.
- Sepakbola merupakan olahraga yang paling populer di Brasil dengan tim nasional mereka yang secara konsisten menjadi yang terbaik di dunia, tercatat lima kali memenangkan Piala Dunia, 

kel karena melihat nakhoda kapal Luzeiro tersenyum dan melambaikan tangan kepadanya.

"Semuanya Salah!"

Setelah beberapa waktu, Eraldo menerima kabar bahwa ibunya telah menjadi anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh! Eraldo menolak berbicara kepadanya selama 3 bulan. Akhirnya, ia memutuskan bahwa ia harus berhadapan dengan ibunya sendiri.

"Engkau seharusnya tidak menerima orang-orang ini," Eraldo mengejeknya. "Mereka tidak makan babi, mereka menyucikan Sabat-semuanya salah! Mereka seperti orang Farisi!

Pada kesempatan lainnya, Eraldo mengunjungi sebuah keluarga yang telah menjadi Advent. Berharap dapat menipu mereka, ia mengatakan kepada keluarga itu bahwa ia telah membawakan mereka daging sapi (padahal itu adalah daging babi). Oleh karena mereka ingin bersikap sopan kepadanya, keluarga itu pun memakannya. Setelah beberapa saat baru mereka menyadari bahwa itu adalah daging babi.

Eraldo berkata kepada keluarga itu, "Saya akan mengatakan kepada pendeta Anda bahwa Anda telah memakan daging babi. Dan kemudian anggota-anggota Advent lainnya akan melempari Anda dengan batu, sama seperti yang orang-orang Farisi lakukan!

Eraldo melakukan ancamannya itu dan memberi tahu pendeta Advent tentang hal itu, tetapi ia sangat kecewa karena tidak ada sesuatu pun yang terjadi kepada keluarga yang tidak sengaja memakan daging babi itu karena mereka dijebak.

"Saya Tahu Anda Benar"

Masih berharap bahwa ibunya akan kembali ke agamanya, Eraldo membujuk pendetanya untuk mengunjungi ibunya. Eraldo pergi ke dapur di mana ia dapat mendengar percakapan mereka dari ruangan yang lain, la mendengar pendeta "menanyakan berbagai pertanyaan kepada ibunya yang memberi jawaban dari Alkitab tentang kepercayaan barunya itu. kemudian ia mendengar pendeta itu berkata kepada ibunya, "Saya tahu Anda benar."

Terkejut dan merasa jijik, Eraldo bertanya kepada dirinya sendiri, "Jika apa yang dipercayai oleh ibu saya adalah benar, kalau begitu mengapa saya berada di Gereja Katolik?" Hari berikutnya, seorang pendeta Advent mengunjungi Eraldo, dan satu bulan kemudian Eraldo menerima pekabaran Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Pada hari baptisannya, pendeta yang kepadanya Eraldo bekerja, menunggunya di luar gereja Advent itu."Ini adalah tempatmu sekarang," pendeta itu berkata kepada Eraldo. Eraldo menjawab, "Ini bukan hanya tempatku, tetapi tempat Anda juga.

Kembali ke Amazon

Untuk sementara waktu, Eraldo bekerja membersihkan gedung gereja Advent, tetapi tidak beberapa lama kemudian ia kembali ke Sungai Amazon; dan kali ini sebagai seorang nahkoda kapal Luzeiro! "Saya tidak dapat memercayainya!" Eraldo berkata. "Di sini saya kembali, di tempat yang sama, melakukan pekerjaan yang sama, mengemudikan kapal untuk penduduk desa yang sama, tetapi kali ini saya membagikan iman saya sebagai seorang Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh!"

Ketika penduduk desa melihat Eraldo tiba dengan kapal Luzeiro, mereka terkejut. "Apakah yang terjadi?" mereka bertanya. "Yesus sekarang berada dalam hidupku," ia merespons. Erado tinggal di satu desa selama dua bulan. Pada akhirnya, pemimpin desa itu menerima pekabaran Advent.

"Saya senang karena mereka dapat melihat saya sebagai seorang yang baru. Mereka dapat melihat perubahan dalam diri saya, sama seperti Rasul Paulus-yang dulunya seorang yang sangat jahat," Eraldo berkata."Ketika saya mulai membaca Alkitab, saya melihat bagaimana Allah dapat mengubahnya, dan saya berharap la dapat mengubah saya juga."

Eraldo tetap menjadi nahkoda kapal Luzeiro, dan kapal-kapal lainnya yang dimiliki oleh ADRA (Adventist Developmentand Relief Agency) Brasil, dan ia menjadi bagian penting dari gereja dalam menjangkau penduduk Sungai Amazon dalam hal medis dan spiritual.

"Saya sangat senang karena saya dapat bekerja dengan kasih," ia berkata. "Saya menyukai apa yang saya lakukan dan saya tahu bahwa Allah begitu bermurah hati kepada saya." Saat ini saya adalah komandan dari kapal ADRA dan sangat indah dapat bekerja bersama untuk menolong setiap keluarga yang kami kunjungi. Sekarang saya mempunyai kesempatan untuk menunjukkan Yesus kepada banyak orang," Eraldo berkata. "Ini ialah pekerjaan yang saya cintai-ini adalah pekerjaan Yesus."

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan