Sungai terpanjang di Amerika jSBlatarvgdalah Sungai Amazon. Sungai tersebut mengalir dari Pegunungan Andes di Peru, hanya 85 mil (140 kilometer) dari Samudera Pasifik hampir 4000 mil (6400 kilometer) menuiu Samudera Atlantik

Kapal-kapal Misi Luzeiro

Sebuah kota besar bernama Manaus [mah-NOWS] terletak di sepanjang Sungai Amazon Lokasi-nya berada di sebelah barat pesisir Belem Di luar kota itu, pada sebuah teluk yang teduh terdapat sebuah kapal yang disebut Luzeiro [Lu-ZAY-roh] nama yang berasal dari bahasa Portugis yang berarti "pembawa terang". Kapal ini dan kapal-kapal serupa lainnya berlayar menyusuri Sungai Amazon untuk, membawa persediaan medis dan memberitakan kabar baik tentang Yesus kepada orang-orang vana tinggal di Kapal-kapal itu membawa para dokter. dokter gigi, perawat, dan misionaris lainnya kepada orang-orang yang tinggal di hutan. Kapal-kapal Tersebut juga membawa para guru dan pendeta menuju tempat Kerja mereka yang baru di perkam-pungan yang terletak di sepanjang sungai. Seorang pria yang membangun banyak dari kapal-kapal misi Luzeiro ini ialah seorang pendeta yapg-bernama Leo Halliwell.

Banyak cerita yang telah diceritakan tentang hal-hal yang luar biasa yang terjadi kepada keluarga Halliwell ketika mereka bekerja di sepanjang pesisir Sungai Amazon. Salah satu dari banyak cerita tersebut ialah,"Malaikat di Sungai Amazon."

Tiga Orang Pengembara

Pendeta Halliwell sedang meengemudikan kapal Luzeiro menyusuri sungai. Pepohonan hutan membentuk kanopi hijau di atas kepala. Jack, anak laki-laki Pende-ta HalliWell yang berusia 15 tahun melihat-lihat ke dalam hutan sambil berharap ia dapat melihat seekor jaguar, yang sering disebut "macan hutan." Seekor burung makau berwarna campuran merah, biru, hijau, dan kuning, terbang di atas kepala mereka dan berkicau dengan keras. Dari kejauhan seekor monyet berbulu memekik keras. Kemudian. mesin kapal mulai melambat, dan Jack memerhatikan tiga orang pria berpenampilan rapi yang tengah menaiki kano (perahu keciLseperti sampan), melambaikan tangan ke arah kapal Luzeiro.

"Halo!" Seorang pria berteriak "Dapatkah Anda menarik kapal kami ke hulu sungai?"

Pendeta Halliwll tahu adalah berbahaya memberikan bantuan kepada para pengembara. Tetapi sesuatu di dalam hatinya memaksanya berhenti, "Lemparkan mereka sebuah tali, jack," ia berkata kepada anaknya. Jack melemparkan tali ke orang-orang itu, dan mereka memasangnya pada kapal mereka.

Menghindari Bebatuan

Dua dari tiga pria itu berpindah ke-kapal Pendeta Halliwell sementara ia sedang-mengendalikan kapal menyusuri sungai Tiba-tiba-satu pria merampas kemudi dan memutar kapal itu Perahu oleng dan berputar secara tiba-tiba dari tepi sungai kembali ke tengah-tengah sungai. Pergerakan kapal yang tiba-tiba itu melemparkan Jack dan ia terjatuh di dalam kapal!

Pos Misi

-Leo B. Halliwell mendirikan kapal pelayanan missionari medis di antara penduduk Indian di Sungai Amazon bersama dengan kapal Luzeiro (pembawa terang) pada tahun 1931. Se- jak saat itu, sudah ada 25 kapal Luzeiro dan juga sejumlah kapal-kapal kecil lainnya yang membawa pertolongan medis yang paling dibutuhkan di sepanjang hulu dan hilir Sungai Amazon.

-Para misionaris yang melayani kapal Luzeiro di Sungai Amazon telah membuat dampak yang berkelanjutan kepada orang-orang yang tinggal di sana, Mereka membantu membangun gereja-gereja, klinik, dan sekolah-sekolah.

-Beberapa tahun yang lalu, sebagian dari Persembahan Sabat Ketigabelas telah mem-bantu pembangunan asrama dan ruangan kelas untuk uni- versitas Advent yang baru di Brasil Utara. Sekarang banyak murid-murid dapat belajar di sana gantinya harus mengada- kan perjalanan berhari-hari dari rumah mereka untuk belajar ke tempat yang lain dari negara mereka.

-Pendeta Halliwell menatap aliran sungai yang baru saja mereka lewati. Tidak lebih dari 20 kaki dari arah yang sebelumnya mereka akan lewati ratusan batu-batuan berada tepat di dasar permukaan aliran air itu. Jika saja kapaL menabrak Bebatuan itu, kapal akan terbelah dua. Para misionaris pasti akan kehilangan nvawa mereka hari itu! "Huft!" Pendeta Halliwell berseru.'Terima kasihi Kalian telah me-nyelamatkan kapal kami dan juga nvawa kami!

Pria itu tersenyum namun ti-, dak berkata apa apa sementara ia mengemudikan kapal itu melewati . aliran air yang penuh bebatuan Ti-dak beberapa lama kemudian, pria itu mengembalikan kemudi kepada Pendeta Halliwell. "Terima kasih untuk tumpangannya, tuan," pria itu berkata. "Jika Anda berhenti, kami akan keluar dari kapal sekarang ,Ini aneh! Pendeta Halliwell berpikir. Tidak ada tanda-tandanya perkampungan di sekitar sini. Namun, ia pun menghentikan kapalnya, dan dua pria itu kembali kekano mereka dan mengayuh kapal mereka menuiu arus sungai.

"Perhatikan ke mana mereka pergi,"pendeta berkata kepada Jack. "Ayah, mereka menghilang!" Jack berteriak. Pendeta memutar kemudinya. Sungai itu kosong. Tidak ada belokan di sungai, tidak ada riak yang kelihatan di permukaan air. Tiga pria dan perahu kano mereka telah menghilang. Mereka pasti malaikat-malaikat! Pendeta Halliwell berkata dalam hatinya sementara ia kembali mengemudikan Luzeiro. Terima kasih Tuhan, Engkau telah mengirimkan malaikat-Mu untuk melindungi kami hari ini! Betapa Engkau Allah yang sungguh luar biasa!

Keluarga Halliwell telah melayani bertahun-tahun di sepanjang Sungai Amazon, memedulikan kesehatan penduduk di sana dan membagikan kabar baik tentang Yesus. Persembahan misi kita saat ini telah menyokong pekerjaan mereka dan akan terus membantu pekerjaan Tuhan yang dilakukan kepada orang-orang yang tinggal di desa-desa terpencil dan juga di kota-kota besar di sepanjang pesisir Sungai Amazon.

Triwulan ini, sebagian dari Persembahan Sabat Ketigabelas, akan dikirimkan untuk membangun dua kapal urituk"gereja terapung" yang akan mengikuti kapal Luzeiro menjangkau pedesaan yang belum terjangkau di sepanjang Sungai Amazon. Kapal gereja terapung akan pergi mengunjungi desa-desa dan tinggal untuk sementara waktu di sana untuk mengadakan pertemuan-pertemuan evangelisasi. Setelah itu, sebuah gedung gereja akan dibangun di dalam desa, dan kapal gereja terapung akan melanjutkan perjalanan ke desa-desa selanjutnya. Terima kasih banyak atas rencana untuk memberi dengan limpahnya pada persembahan khusus ini.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan