Cirsium Arvense

"Terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu: semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu" (Kejadian 3: 17.18).


Rumput duri terkutuk, rumput duri merambat, atau rumput duri Kanada adalah tiga dari 13 nama umum yang ahli botani di seluruh dunia sebut cirsium arvense. Kerajaan Inggris secara resmi memberi nama "gulma merugikan. "Tanaman sial di mana merayap bagai ular di tanah sampai bisa melilit tanaman lain sering disebut “gulma berbahaya“ di Montana Department of Agriculture’s In-vaders Database System. Onak duri yang sangat invasif ini diyakini berasal dari sekitar Mediterania timur dan tenggara Eropa, tetapi telah menyebar hingga Aus tralia, Selandia Baru, Afrika utaraMan selatan, Jepang, India, dan sebagian besar Amerika Selatan.

Apakah yang membuatnya begitu berhasil? Mungkin karena senjata daun berduri tajamnya yang melindunginya dari orang-orang yang menyentuh atau memakan tanaman itu. Selanjutnya, duri itu menghabiskan sebagian besar energi akar yang menyebar dari akar tunggang yang dalam dan menyebar jauh dan luas, mcnciptakan tanaman sial yang besar. Adalah tidak umum memiliki satu anak tanaman tumbuh kembang dalam too kaki diameter lebih. Keterampilan lain dari onak duri ini adalah kemampuan untuk menghasilkan banyak biji. Hingga 100 bunga setiap tunas dan mungkin memiliki 90 biji per bunga dan kadang memiliki jumlah yang jauh lebih banyak. Jadi setiap tunas menghasilkan ribuan biji. Setiap benih memiliki parasut kecil, yang disebut sebuah pappus, di mana angin dapat membawanya satu mil atau lebih jauhnya. Umumnya benih cepat berkecambah, tetapi jika ditanam lebih delapan inci dalamnya, benih itu dapat tetap bertahan dalam tanah selama lebih 20 tahun. Beberapa peneliti mengklaim bahwa duri itu menghasilkan bahan kimia yang menghambat pertumbuhan tanaman lain proses kompetitif yang efektif dikenal sebagai alelopati.

Dalam menempatkan nilai yang lebih tinggi kepada keputusan mereka sendiri daripada ketaatan kepada ajaran Tuhan yang jelas, Adam dan Hawa jadi pasangan insan yang pertama mengalami kutukan di tanah sehingga duri dan onak tumbuh. Onak telah berhasil menyebar hingga hari ini bahkan dalam hati saya sementara saya membuat Yesus malu dan menyalibkan-Nya lagi melalui dosa-dosa saya yang disengaja.
 
"Tuhan, jagalah hati saya tetap benar bagi-Mu, yang terus minum dalam pengaruh manis hujan akhir-Mu.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan