Penggandaan DNA

"Betapa besarnya tanda-tanda-Nya dan betapa hebatnya mujizat-mujizat-Nya! Kerajaan-Nya adalah kerajaan yang kekal dan pemerintahan-Nya turun-temurun!" (Daniel 4:3).

Pagi itu saya menonton sebuah video klip yang diunggah di YouTube berjudul “Replikasi DNA.” Segmen seri PBS yang berjudul “DNA: The Secret of Life” itu adalah video yang menunjukkah bagaimana satu helai DNA akan diduplikasi dengan tepat untuk membuat dua helai molekul identik penyimpanan informasi.
Saya menontonnya dengan takjub ketika untaian DNA yang asli disalin, molekul heliks ganda yang panjang tipis, berputar pada porosnya. Animasi struktural ini dengan akurat menunjukkan protein globular (satu enzim) membuka heliks ganda, mengubah untaian ganda menjadi dua alur tunggal seperti ritsleting memisahkan dua sisi jaket Anda. Enzim lain disebut DNA polimerase menambahkan nukleotida, blok bangunan DNA yang dikenal sebagai basis, ke salah satu dari dua helai, dengan hati-hati mencocokkan setiap dasar dengan dasar yang spesifik kepada sekitar 50 nukleotida per detik. Untaian lain juga mendapat nukleotida yang dicocokkan yang berbasis pada untaian kecepatan waktu yang sama, tetapi karena cara yang diatur DNA polimerase bekerja, ini membangun alur dalam arah yang berlawanan. Beberapa enzim lain juga bekerja membuat apa yang para ilmuwan sebut untaian lagging.

Lihat;ah video itu jika Anda memiliki kesempatan. Anda juga akan terpesona dengan mesin ini seperti operasi semua enzim kecil. Pekerjaan yang dilakukan kan ini berjalan pada kecepatan yang luar biasa. Tetapi masing-masing operasi tepat dan teratur, yang menghasilkan dua salinan identik DNA heliks ganda.

Lingkaran kromosom DNA bakteri bereplikasi lebih cepat lagi, sekitar 500 nukleotida per detik. Ketika ditarik keluar, DNA dalam sebuah bakteri hanya berukuran satu per sekian inci dalam perbandingan dengan apa yang kita miliki. Setiap sel dalam tubuh kita memiliki sekitar dua yard DNA, tersegmentasi menjadi 46 kromosom dan dengan erat dikemas agar cocok ke dalam lingkup inti kecil yang hanya memiliki diameter beberapa mikrometer. DNA dua yard itu mengandung sekitar 3 miliar pasangan basa (6 miliar nukleotida), semua harus disalin setiap kali sel membelah. Beberapa sel, seperti kulit kita, terbagi setiap hari dan seterusnya. Besarnya dan akurasinya pekerjaan yang dilakukan ini mendorong saya memerhatikannya secara detail dan memotivasi saya agar melakukan pekerjaan saya dengan baik.

Tuhan, betapa besar dan luar biasanya karya-Mu! Saya berdiri dengan kagum terpesona. Saya tidak punya apa-apa untuk dikatakan kecuali memuji-Mu.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan