Pohon Anggur

"Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa" (Yohanes 15:5).


Tanaman tomat di kebun saya, subur dan sehat. Akhirnya, pada tahun ini, saya membeli gulungan baja 100 kaki dan membuat kandang tomat lima kaki tingginya. Karena saya tempatkan kandang mengelilingi setiap bibit muda, tanaman itu bertumbuh baik sampai di atas kepala saya. Dengan pengawasan regular, tanaman bertumbuh aman di dalam kandang dan mendapatkan perawatan yang cukup. Saya mengharapkan mendapat panen tomat yang baik. Itu akan menjadi bonus.

Bertanam tomat adalah pengalaman menyenangkan bagi saya, karena saya suka aroma harum di sekeliling saya setelah menyikat batang atau daunnya. Se buah tampilan mikroskopis menjelaskan bau karakteristik itu. Permukaannya sangat berbulu. Dan pada skala mikroskopis, banyak rambut yang memiliki penampilan seperti menara air bulat besar yang Anda dapat lihat di banyak kota di seluruh Amerika - Anda tahu, jenis yang terlihat seperti bola golf di atas tee. Ujung yang membesar, dan penuh cairan dari kelenjar trikoma (begitulah dinamakan) mudah pecah karena sentuhan ringan, melepaskan cairan yang lengket, beraroma tajam. Beberapa orang tidak menyukai baunya sama sekali, itulah tujuan cairan itu, untuk membantu mencegah serangga memakan daun. .

Saya harus bekerja sangat hati-hati bagi tanaman tomat yang merambat, karena tanaman tomat sangat mudah patah walau tidak sengaja, baik ujung batang segar dan muda atau cabang, ketika kami mencoba untuk memasukkannya kembali ke dalam kandang. Sekali dipisahkan dari pokoknya, cabang akan layu dalam satu atau dua menit. Bentuk dan struktur semua tanaman rumput yang lunak seperti tomat sepenuhnya tergantung pada tekanan sel-sel air di dalamnya. Se perti rumah angin, istana angin, moonwalks, alat pelompat, peluncur, dan alat bermain yang ditiup lainnya, tanaman mengandalkan sepenuhnya pada tekanan udara untuk mempertahankan bentuknya. Memutus hubungan pada batang ber arti mematikan blower dalam alat permainan. Itu cepat menggumpal atau layu menjadi tumpukan yang tidak dikenali.

Di dalam setiap tanaman ada sistem pipa dan saluran yang sangat kompleks dan halus yang mengalirkan air, mineral terlarut, produk fotosintesis, dan peng atur pertumbuhan tanaman ke seluruh bagian tanaman yang secara hati-hati di atur. Yesus tidak dapat memberikan gambaran yang lebih jelas dengan menyebut kita ranting yang terhubung kepada Nya, Pohon Anggur. Tanpa hubungan ini, kita akan mati.

Tuhan, kadang kadang saya bertanya tanya mengapa kehidupan rohani saya layu dan tidak menghasilkan buah apa pun. Maafkan saya karena sering kali saya menarik diri dari-Mu dan mencoba untuk pergi sendiri.

2 komentar :

  1. minta bacaan mission utk sabat 18 juli doong, kirim ke agtinusendy@gmail.com ya. Thanks & Gbu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf sabat sebelumnya tidak di posting,

      sabat ini dan selanjutnya akan di postingkan terimakasih #Endy tampubolon

      http://sabatday.blogspot.com/2015/07/berita-mission-advent-sabtu-25-juli.html

      Delete

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan