PENGANGKATAN YANG TIDAKTERLALU DIRAHASIAKAN

“Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan” (1 Tesalonika 4:16,17).

Dalam ayat-ayat ini kita menemukan gambaran yang jelas dari Alkitab tentang pengangkatan. Paulus tuliskan bahwa “kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa” (1 Tes. 4:17).

Kata yang harus diperhatikan adalah “diangkat.” Kata Yunani di balik terjemahan ini berarti “menangkap,” “mengambil cepat,” dan “mengangkut cepat.” Jadi Paulus berbicara bahwa umat Allah di akhir zaman akan “tertangkap” atau pengangkatan pada Kedatangan Kedua Kali untuk menyongsong Dia yang datang dalam awan-awan surga.

Dengan memikirkan ayat 17, tidaklah mengherankan bahwa umat Kristen senang berbicara tentang pengangkatan. Tetapi yang tidak dapat dimengerti adalah beberapa menyimpulkan hal itu rahasia.

Paulus memberitahu kita betapa rahasianya. Pertama, dia menghubungkan pengangkatan dengan Kedatangan Kedua Kali. Yaitu, peristiwa itu akan terjadi pada saat bersamaan dengan kedatangan Yesus kembali. Dan seberapa tersembunyi kedatangan-Nya itu? Menurut Yesus, kedatangan-Nya itu akan terlihat bagaikan kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat (Mat. 24:27). Dan kitab Wahyu memberitahu kita bahwa ketika Dia kembali maka “setiap mata akan melihat Dia” (Why. 1:7).

Tetapi Paulus menambahkan pada ketiadaan rahasia itu sewaktu dia memberitahu kita bahwa “Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit” (1 Tes. 4:16). Semua keramaian dan seruan dan suara kemenangan sangkakala akan membangunkan mereka yang mati dalam kubur. Kedatangan itu akan terdengar dengan jelas sebagaimana juga terlihat dengan jelas.

Pengangkatan dan Kedatangan Kedua Kali adalah lawan dari rahasia. Keduanya itu akan disambut oleh teriakan nyaring, suara penghulu malaikat, bunyi sangkakala (ayat 16), suatu pagelaran surgawi yang sama terlihat seperti kilat yang menerangi langit (Mat. 24:27), sesuatu yang terjadi global sehingga terlihat oleh tiap mata (Why. 1:7), dan semua kuburan akan terbuka dan yang mati akan dibangkitkan—yaitu mereka yang sudah menerima Yesus sebagai Tuhan mereka (1 Tes. 4:16; 1 Kor. 15:52).

Rupanya pengangkatan yang tidak begitu rahasia benar-benar akan menjadi pertunjukan terbesar di bumi. Saya menantikan hari itu dengan segenap hati saya!

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan