Cuetlaxochitl

"Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir" (Pengkhotbah 3:11).

Poinsettia indah yang menghiasi rumah kita, gereja, dan tempat usaha di sepanjang Natal adalah warisan dari Joel Roberts Poinsett (1779-1851). Berpendidikan tinggi dari Carolina Selatan, ia fasih berbicara lima bahasa dan bertugas di negara itu sebagai anggota dewan, kemudian di Kongres Amerika Serikat, sebelum ditunjuk sebagai perdana menteri pertama di Meksiko pada tahun 1825. Poinsett adalah seorang ahli botani yang pandai terpikat dengan Euphorbia pul-cherrima (nama ilmiah poinsettia yang berarti “euphorb paling indah”) yang tumbuh subur di bagian selatan Mexico. Seperti kebanyakan nama Aztec, penyebutan Aztec seperti pada tanaman ini dengan cara lidah digulung dan perlahan-lahan mengeluarkan suara fonetis: Cuetlaxochitl. Nama lain untuk poinsettia termasuk bintang Natal, bintang Betlehem, bunga lobster, bunga Ataturk, dan bunga daun api. Tidak heran para ilmuwan memilih nama ilmiah.

Sejak waktu Poinsett memperkenalkan tanaman ini ke Amerika Utara, poinsettia diminati petani tanaman, dan banyak peneliti telah meneliti kebiasaan tanaman ini. Bagaimanakah memelihara tanaman gulma yang kecil ini di pot tanaman? Kondisi apa yang mengubah gagang daun berwarna merah, pink, atau putih? Petani belajar bahwa tanaman ini hanya mekar selama musim dingin di waktu siang yang pendek dan malam yang panjang. Bahkan, untuk mendapatkan tanaman ini mekar di waktu Natal, petani harus "menempatkan tanaman dalam kondisi tidur” setiap malam dimulai pada bulan Oktober. Bahkan paparan singkat cahaya selama diperlukan 14-14,5 jam malam akan mencegah tanaman ini berbunga. Selama dua bulan tanaman ini harus dirawat melalui malam-malam panjang jika mereka ingin mengembangkan tangkai khas yang berwarna-warni.

Bagi Musa, “malam panjang” pengembangan karakternya di padang gurun mungkin sulit untuk bertahan. Apakah malam yang menyakitkan secara pribadi yang Anda lalui pada musim Natal ini? Saya mendengar Wintley Phipps mengatakan: “Dalam ujian berat penderitaan yang diam-diam Secara pribadi impian mulia Anda akan lahir dan karunia Allah yang terbesar akan diberikan sebagai kompensasi untuk apa yang Anda lalui." Bergantunglah pada janji bahwa Allah akan membuat segala sesuatu indah pada waktunya.

Tuhan, Engkau merajut saya dalam kegelapan rahim ibu saya. Semua hari ditahbiskan bagi saya, ditulis dalam buku sebelum salah satu darinya menjadi kenyataan. Saya memercayai Engkau sepenuhnya, tidak peduli betapa gelapnya malam penderitaan saya.

*Diucapkan cute-el-axo-chit-el.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan