Perlengkapan Penting Umat Kristen

Bacalah Yak. 5:13. Hal kontras yang menarik apakah yang ia tunjukkan disini? Bagaimanakah kita mengaplikasikan teguran-teguran ini ke dalam pengalaman kita sendiri?

            Meskipun berhubungan dengan dua hal yang berbeda (penderitaan,kegembiraan), Yakobus menghubungkan hal-hal itu dengan doa dan pujian: berdoa ketika Anda menderita, bernyanyilah ketika anda gembira. Tetapi, dua praktik ini tidaklah berbeda satu dengan yang lain, karena banyak mazmur pujian Alkitab adalah juga Doa, dan yakobus mengawali suratnya dengan menantang pembacanya untuk “menganggapnya sebuah kebahagiaan” ketika jatuh kedalam berbagai-bagai pencobaan, “sebab kamu tahu,bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan”(Yak 1:2,3). Waktu untukberdoa dan waktu untuk menyanyi dapat terjalin satu dengan yang lain, lebih dari yang kita umumnya pikirkan.
            Kata “menderita” dalam yakobus 5:13 berasal dari akar kata yang sama seperti kata yang digunakan sebelumnya untuk merujuk kepada penderitaan para nabi (yak 5:10). Itu mengacu kepada penderitaan fisik dan mental-“pertama dan yang terutama adalah untuk bahaya dan usaha keras ketika dalam peperangan”(Ceslas Spicq,Theological Lexicon of the New Testament,Jld.2, hlm.239), tetapi juga pekerjaan yang sangat melelahkan dan usaha yang memerlukan pengorbanan yang mahal. Itu digunakan dalam 2 Tim.2 : 9 dan 4:5, untuk menggambarkan “usaha keras para rasul yang tidak terhalangi oleh kesulitan dan penderitaan apapun”. Theological Lexicon of the New Testament,Jld.2, hlm.240. sebagai orang Kristen, secara alamiah kita berbalik kepada Allah ketika masalah datang. Doa sangat penting ketika menghadapi kesulitan, tatapi bernyanyi atau memainkan musik kudus (kata yang digunakan adalah,psalleto, dapat berarti keduanya) juga sangat menolong.
            “Menyanyi adalah perbuatan kebaktian yang sama seperti Doa. Sesungguhnya,banyak nyanyian merupakan doa”. –Ellen G White, seri membina,jld. 3, hlm. 154. Berapa banyak kita yang pernah mengalami depresi atau kesepian yang hanya melalui kata-kata lagu yang masuk kedalam pikiran itu kemudian mengangkat semangat kita? Banyak diantara kita yang menderita atau membutuhkan kekuatan,dan akan bergembira oleh sebuah lawatan Doa dan lagu.”Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!” (Rm 12:15). Itu dapat mengangkat semangat kita juga, yang tidak dapat dilakukan oleh hal yang lain.
            Kitab Mazmur khususnya adalah rumah perbendaharaan doa dan lagu yang dapat menyediakan inspirasi, semangat,dan petunjuk ketika kita tidak tahu ke mana kita meminta pertolongan.
            Kita semua tahu penderitaan dapat membawa kita lebih dekat kepada Tuhan dan menuntun kita untuk berdoa. Namun, bahaya apakah yang dapat menimpa hidup rohani kita ketika semuanya berjalan baik? Mengapakah, khususnya di waktu itu,pujian begitu penting? Apakah itu menolong kita untuk tidak pernah melupakannya?   
 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan