Simbal

"Daud dan seluruh orang Israel menari-nari di hadapan Allah dengan sekuat tenaga, diiringi nyanyian, kecapi, gambus, rebana, ceracap dan nafiri" (1 Tawarikh 13:8).

Untuk mendapatkan penekanan dan perhatian pada not tertentu dalam musik, tidak ada yang mengalahkan “crash bang' dari sepasang simbal yang dimainkan dengan energik dan berbakat. Saya suka cara Daud menempatkannya dalam Mazmur 150:5, "Pujilah Dia dengan ceracap yang berdenting, pujilah Dia dengan ceracap yang berdentang!" Wow, tidak ada yang muram atau berdiam dalam metode memuji Allah ini. Jelas, simbal yang disebutkan dalam bagian ini bukanlah simbal jari yang kecil atau zills yang berasal dari Turki. Simbal ini haruslah simbal tembaga besar yang kita temukan dan menyukainya dalam orkestra simfoni besar sekarang ini. “Pujilah Allah dalam tempat kudus-Nya! Pujilah Dia dalam cakrawala-Nya yang kuat!“(ayat 1). Tapi kemudian, mungkin itu salah satu alasan Allah memilih Daud sebagai “seorang yang berkenan di hati-Nya” (1 Sam. 13:14). Daud memiliki sejarah dalam memuji Allah “dengan sekuat tenaga.”

Banyak berasal dari Turki, mayoritas ‘simbal diproduksi seperti Paiste, Zildjian, Sabian, dan Meinl Perkusi yang didesain dengan cermat untuk memiliki berbagai jenis bunyi daripada hanya sekadar bunyi nyaring dan lenting. Yang terbaik adalah ditempa dari berbagai formulasi lonceng perunggu (lonceng dan gong yang terbuat dari perunggu) umumnya terdiri dari 80 persen tembaga dan 20 persen timah dan kadang-kadang dengan tambahan aditif lainnya. Kemudian setelah penempaan, ada pula yang dibentuk dengan palu atau dibubut untuk menghasilkan ketebalan dan nada yang tepat. Simbal yang lebih murah mudah dibentuk dari lembaran perunggu yang mudah dibentuk dengan kurang dari 10 persen timah. Bahkan dengan palu dan bubut, simbal ini tidak menghasilkan bunyi yang cocok bagi pemain simbal.

Seorang ahli perkusi menggunakan simbal dalam banyak cara. Bunyi simbal dalam Mazmur 150 dengan mudah dapat didengar melebihi suara orkestra penuh pada tempo fff ("fortissimo possibile"), yang berarti sekeras atau sekuat mungkin. Beberapa penggemar melihat dinamika ini sebagai "blastissimo." Selain keras “membentur,” simbal juga dapat dibuat menjadi “ketukan-benturan” dengan menekan bagian tepinya kepada bagian lainnya, untuk bunyi “menggesek” dengan cara menggesekan salah satu tepi dari dalam ke luar kepada yang lain, untuk bunyi "mendesis" dengan cara menggosok tepi simbal yang tipis bersama-sama, atau bunyi "hi-hat chick" dengan memukul keduanya bersama-sama dengan kuat dan menahannya erat-erat untuk mengentikan suaranya.

Tingkat teknologi yang luar biasa dan kerja keras berpadu bersama untuk membuat sepasang simbal, sehingga instrumen itu cocok untuk memuji Tuhan.

Tuhan, selidiki aku dan kenalilah kedalaman dan kejujuran pujian saya.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan