Perjalanan Menuju Kebebasan   

     Bel di pintu toko berdering, dan Ana* mengangkat kepalanya untuk melihat seorang wanita Tionghoa memasuki toko kecil. Wanita itu tersenyum kepada Ana dan berbicara tentang hal-hal sehari-hari sambil melihat sekeliling toko. Ana menghindari topik yang dapat menyebabkan masalah jika seseorang melaporkan percakapannya ke polisi. Ana dan orangtuanya tinggal di Korea Utara, dekat perbatasan Tiongkok.
     Baginya mengenal saja lebih baik dari pada mempercayai siapa pun Wanita ini bisa menjadi mata-mata untuk pemerintah. Ana pernah mendengar cerita dari mulut ke mulut tentang orang-orang yang telah ditangkap karena seseorang telah menuduh mereka mengkritik pemerintah. Bahkan anggota keluarga dan tetangga lanjut usia bisa ditangkap. 
     Jadi tidak aman untuk memercayai siapa pun. Hadiah Ibu Lee Wanita yang mengunjungi toko memperkenalkan dirinya sebagai Ibu Lee, dari Tiongkok. Dia mengobrol dengan gembira sambil melakukan pembelian dan mengatakan kepada Ana selamat tinggal. Ibu Lee kembali ke toko beberapa kali, Dia selalu tersenyum . dan membuat percakapan yang menyenangkan. Kemudian suatu hari ketika Ibu Lee membayar suatu pembelian, dia meletakkan sebuah tas kecil di depan Ana. Bia tersenyum dan mengangguk ke arah tas. Ana melihat ke dalam tas dan tersentak pada kosmetik yang bagus di dalam, kosmetik itu tidak ada di Korea Utara. Ana memandang Ibu Lee, dengan pertanyaan di wajahnya. Apakah saya berani menerima  hadiah tersebut? ia bertanya-tanya. Apakah ini jebakan? Ibu Lee tersenyum saat ia menyodorkan tas ke arah Ana, dan kemudian berbalik untuk meninggalkan toko. 
    Doa Ibu Lee kadang-kadang berbicara tentang Tuhan selama kunjungannya. Ana tidak tahu apa-apa tentang Tuhan. Suatu hari Ibu Lee memberi Ana selembar kertas dengan Boa Bapa Kami tertulis di atasnya.”Bagikan kepada keluarga Anda," bisiknya, Malam itu Ana menunjukkan kertas itu kepada ibunya, yang membacanya dengan minat yang mendalam. Ibunya mulai berdoa doa yang telah diberikan Ibu Lee kepada Ana dan kemudian menambahkan permintaannya sendiri. "Mohon bawalah anak saya pulang ia berdoa. Kakak Ana bertugas di militer dan tidak pernah di rumah selama delapan tahun. Sebulan kemudian, ibu Ana mendengar ketukan di pintu dan menemukan dua tentara berdiri di sana. Sesaat dia takut apa yang akan terjadi selanjutnya. 
     Lalu ia menyadari bahwa salah satu dari tentara itu anaknya. Ia pulang ke rumah pada akhirnya! Ana mengatakan kepada Ibu Lee apa yang terjadi ketika ibunya berdoa dari doa Ibu Lee yang telah diberikan kepada Ana. Ibu Lee tersenyum dan menyelipkan sepotong kecil kertas ke tangan Ana. "Jika Anda akan mengunjungi Tiongkok, telepon saya," bisik lbu Lee. Melarikan Diri , Ana memutuskan untuk meninggalkan Korea Utara. Dia tahu bahwa orang-orang yang tertangkap meninggalkan Korea Utara dikenakan hukuman penjara atau mati, tetapi keinginan untuk kebebasan telah berakar di hatinya dan tidak akan mati. Ana pernah mendengar bahwa penjaga perbatasan kadang-kadang menerima suap untuk memungkinkan seseorang menyeberang ke Tiongkok. 
   Suatu hari Ana berjalan ke perbatasan antara Tiongkok dan Korea Utara dan mendekati penjaga perbatasan yang masih muda,jantungnya berdebar-debar. "Apakah yang harus saya lakukan untuk menyeberangi perbatasan?"tanyanya polos. Penjaga itu menatap Ana dan berkata, "Berikan saya '100 yuan Tiongkok (sekitar 16 dolar Amerika, dan Anda bisa menyeberang? Ana katakan kepadanya tanggal di mana dia akan kembali dengan uang. Ana tidak mengatakan kepada seorang pun rencananya, bahkan tidak juga kepada orangtuanya. Pada tanggal tertentu, Ana berjalan ke arah penjaga, membayar suap kepada penjaga, dan berjalan melintasi perbatasan ke Tiongkok. 
      Dia tidak berhenti sampai dia berada beberapa mil di Tiongkok. Lalu ia mengeluarkan ponsel yang Mrs. Lee telah berikan kepadanya dan memanggil nomor Ibu Lee. Ana tinggal dengan Ibu Chee, sahabat orang Kristen Ibu Lee,selama beberapa hari. Menyembunyikan orang Korea Utara itu berbahaya, tapi Ibu Chee menyembunyikan Ana sambil berbagi imanya dengan wanita muda. Ana tidak tahu apa-apa tentang Yesus, tetapi karena ia belajar ia menyadari Yesus adalah Tuhan. Bia menerima Yesus sebagai Juruselamat dan bersemangat belajar lebih banyak. 
     Tapi dia harus melanjutkan perjalanannya. Setiap hari dia tinggal di Tiongkok dia terancam ditangkap dan dikirim kembali ke penjara tertentu dan mungkin dibunuh. Sebuah Rumah Baru Enam bulan setelah Ana meninggalkan tanah airnya, ia masuk Korea Selatan, negara yang ia anggap sebagai musuh sepanjang hidupnya. Di sana ia diperkenalkan pada gereja Advent. Ana bersukacita dalam kebebasan-kebebasannya yang baru dari penindasan dan kebebasan untuk berbagi kasih kepada Yesus dengan orang lain. Tidak ada yang tahu berapa banyak orang Advent hidup di Korea Utara. Namun anggota gereja di Korea Selatan berdoa dan mempersiapkan untuk hari ketika mereka dapat berbagi kasih Allah dengan tetangga mereka di utara. *Bukan nama sebenarnya.

1 komentar :

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan