Pengasuhan Sang Ibu

"Seperti seseorang yang dihibur ibunya, demikianlah Aku ini akan menghibur kamu;kamu akan dihibur di Yerusalem" (Yesaya 66:13).

       Cara setiap induk hewan berbeda-beda merawat anaknya, tergantung pada jenis makhluk tersebut. Sebagai contoh, penyu belimbing akan menjelajah di pasir pantai saat air pasang, menggali lubang, berteluir, dan kembali ke laut bahkan tanpa melirik ke belakang. Anak-anak penyu yang menetas tidak pernah melihat: induk mereka, dan berjuang sendiri sejak hari pertama Seperti yang mungkin Anda duga, banyak dilahap predator lapar sebelum mencapai air.
       Induk buaya setidaknya menjaga sarangnya dan kemudian mengawasi anak yang baru menetas dengan melindungi mereka di dalam mulut, tempat yang aman bagi buaya muda, sehingga sangat berbahaya bagi makhluk lain yang datang mendekat. Mamalia berdarah panas dan burung adalah kelompok yang umumnya memberikan perhatian lebih untuk anak-anaknya. Faktanya, kata "mamalia" berasal dari kelenjar penghasil air susu yang dimiliki induk untuk memberikan makanan bagi anak kecilnya dengan formula sempurna.
      Beberapa penelitian 'terakhir tentang induk hewan pengerat menunjukkan bahwa anak anjing yang menerima perhatian terbesar (dijilat dan dirawat) memiliki perkembangan otak terbesar dalam hal sinapsis baru yang dibuat dalam hippocampus (area otak sangat berperan dalam proses hubungan sosial dan ingatan)  yang pengaruhnya terdeteksi pada awal minggu pertama setelah kelahiran; tentu saja manfaatnya bahwa anak anjing yang lebih baik untuk dilatih berhubungan dan mengingat. Efeknya tampak karena sinapsis lebih banyak dalam sel otak dan umur sel otak yang lebih panjang. Sebaliknya anak anjing yang memiliki sedikit interaksi dengan induknya ternyata memiliki lebih rendahnya jenis bahan kimia yang meningkatkan perkembangan otak dan mengalami kehilangan sel-sel otak yang signifikan di hippocampus karena sel kematian. terprogram, mungkin karena kelompok anak anjing ini memiliki tingkat jenis bahan kimia yang lebih rendah yang memacu pengembangbiakan sel otak setiap penelitian tentang hubungan induk hewan dan anaknya menunjukkan begitu pentingny manfaat perawatan induk. 
    Buku alfa Omega, jilid. 5, menjelaskan bagaimana Maria memperlakukan anaknya, Yesus. “Dengan kesungguhan yang besar ibu Yesus mengamat-amati mekarnya segala kuasa—Nya·dan melihat kesempurnaan tabiat-Nya. Dengan kesukaan ia berusaha mendorong semangat pikiran yang cerdas dan tajam itu. Dengan perantaraan Roh Kudus ia menerima budi dapat bekerjasama dengan makhluk-makhluk sernawi dalam usaha mengembangkan Anak ini, yang dapat mengatakan hanya Allah sebagai Bapa-Nya" (hlm. 59). 
      Tuhan, penuhilah saya juga dengan Roh-Mu, sehingga saya dapat kebijaksanaan dalam mengasuh anak-anak.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan