Persiapkan Jalan Tuhan

      Dalam Lukas 3, Yohanes muncul dengan perannya yang unik dan penting dalam sejarah keselamatan. Apa pun yang orang katakan tentang khotbah Yohanes, dia tidak membumbui kata-katanya untuk menyenangkan orang banyak. 
     Bacalah Lukas 3: 1-14. Kata-katanya penuh dengan kebenaran penting, bukan hanya bagi mereka yang mendengarkannya saja, tetapi bagi kita semua. Apakah hal-hal utama yang dapat Anda ambil dari apa yang Yohanes katakan di sini? 
     Pertobatan bukan hanya gagasan teoritis. Hal itu adalah gaya hidup. Kata ini berasal dari bahasa Yunani metanoia, yang berarti perubahan pikiran, dan hal ini menuntun kepada hidup baru. "Baptis" berarti mencelupkan atau membenamkan seluruhnya dalam air. Pencelupan memiliki makna yang mendalam. Bahkan sebelum zaman Yohanes, orang Yahudi telah memiliki makna yang melekat mengenai baptisan selam. Hal itu telah biasa dilakukan ketika seorang penganut agama kafir memilih untuk bergabung dengan agama Yahudi.
     Dengan mengajak orang-orang Yahudi untuk dibaptis, Yohanes Pembaptis menetapkan prinsip baru: Baptisan adalah kesempatan seseorang untuk meninggalkan cara-cara lama yang berdosa dan mempersiapkan dirinya bagi kedatangan Mesias. Dengan demikian Yohanes Pembaptis memperkenalkan tindakan simbolis penolakan terhadap dosa dan pengabdian kepada cara hidup yang baru sebagai warga kerajaan Mesias, yang akan segera dimulai. Yohanes dengan cepat menambahkan bahwa ia membaptis hanya dengan air, tetapi Dia yang akan datang "akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api" (Lukas 3: 16). Dengan demikian, pokok penting dibuat: Baptisan sebagai tindakan pembenaman dalam air hanya merupakan simbol lahiriah dari perubahan batiniah-sebuah perubahan yang pada akhirnya akan dimeteraikan oIeh baptisan Roh Kudus. 
Bacalah Roma 6:l-6. Pelajarjan rohani apakah yang Rasul Paulus gambarkan dari tindakan baptisan? Perhatikanlah perbandingan yang dia buat antara tindakan pembenaman dan keluar dari air dengan mati bagi dosa dan hidup bagi kebenaran. Bagaimanakah Anda mengalami realitas kehidupan baru di dalam Kristus? Bagian-bagian apakah yang masih tetap "terendam"?

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan