Baptisan dan Pencobaan

SABAT PETANG
UNTUK PELAJARAN PEKAN INI, BACALAH: LUKAS 3:1-14; ROMA 6:1-6; Lukas 3:21, 22; Lukas 4:5-8; Yesaya 14:13, 14; Lukas 4:9-13.

AYAT HAFALAN: "Dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: 'Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan'" (Lukas 3:22).
Seperti yang kita lihat pekan yang lalu, kita yakini bahwa Lukas memberikan daftar orang terkemuka sesuai sejarah untuk membantu menunjukkan bahwa pandangannya tentang Yesus dan Yohanes adalah senyata dan sesuai sejarah seperti halnya para penguasa ini. 
     Tetapi ada alasan lain yang penting untuk menyebutkan para pembesar yang berkuasa dan berpengaruh ini. lni untuk membedakan mereka dengan seorang yang rendalw hati dari padanglgurun, Yohanes Pembaptis, utusan pillhan Allah yang adalah untuk “mempersiapkan jalan" bagi peristiwa yang paling penting dalam semua sejarah manusia selama ini: Kedatangan Yesus, Penebusdunia. Betapa menarlk bahwa Tuhan memllih bukan salah satu dari orang-orang "besar" dunia untuk menyambut Mesias itu tetapi sebaliknya seorang dari mereka yang "Rendahan." Para pakar menetapkan semua tokoh-tokoh bersejarah ini dan memberikan kita penanggalan sekitar tahun 27 atau_28 T.M. sebagai awal pelayanan Yohanes Pembaptis dan Yesus. Dalam kerangka waktu historis tokoh-tokoh Kekaisaran Romawi inilah Yesus dibaptis dan menerima ucapan berkat dari surga bahwa Dia adalah "Anak-Ku yang Kukasihi" (Lukas 3:22). Lukas menetapkan fakta ini tepat di awal, bahkan sebelum ia menyajikan képada para pembacanya "catatan teratur" dari misi, dan pelayanan Yesus Kristus.
*Pelajari pelajaran pekan ini untuk persiapan Sabat, l1 April.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan