Doa Yabes: "Oh, Engkau Memang akan Memberkati Saya"


“Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku” (Keluaran 32:26).

Terkubur dalam daftar pikiran yang kaku dari pengucapan yang sulit untuk nama keluarga Yahudi, garis keturunan, dan leluhur, sang penulis Alkitab jeda untuk menuliskan doa Yabes, pria saleh yang sangat sedikit kita tahu tentang dirinya. Hanya konteks-dikutip di tengah daftar kering dan mekanik dari klan Yehuda-dan hanya dua kalimat dalam satu ayat (1 Taw. 4:9) tersusun jumlah dan substansi biografi Yabes. Apa yang kita tahu tentang dia ditingkatkan dengan tambahan satu ayat (ayat 10) merinci doa tentang dua hukumannya, diikuti pernyataan bahwa Tuhan mengabulkan permintaannya. Kita bisa menyatakan dari doa singkat ini bahwa Yabes adalah orang saleh. Tampaknya ia mengenal Tuhan, memiliki iman kepada-Nya, dan benar-benar berkomitmen kepada-Nya.

Setelah menyatakan bahwa ia dari suku Yehuda, ayat itu memberitahu kita bahwa “Yabes lebih terhormat dari saudara-saudaranya. Ibunya menamainya Yabes" (ayat 9). Mengapa dia memilih nama itu? Karena, katanya, “Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan” (ayat 9). Bukankah melahirkan menyakitkan? Terutama ketika Anda harus melakukannya tanpa blok tulang belakang atau analgesik modern? Beberapa komentator Alkitab menunjukkan bahwa Yabes mungkin tidak sah. Jadi ibunya mungkin memikirkan rasa sakit emosional lebih daripada fisik. Apa pun masalahnya, namanya berarti “sedih.” Saya dapat memberitahu Anda sekarang setiap kali saya dipanggil “maaf ________"(Anda mengisi yang kosong), itu tidak terasa baik. Tak heran, Yabes menuangkan isi hatinya kepada Tuhan memohon berkat. Itu tidak hanya permintaan sederhana, “Kiranya Engkau memberkati aku.” Perhatikan kecemasan di awal (“Oh, kiranya Engkau akan“ [ayat 10, NKJV]) dan penekanan pada akhir (“mengabulkan”) permintaannya. Mungkin ini adalah erangan yang menyakitkan jauh dari lubuk hatinya.

Intinya bahwa Yabes cukup berterus terang kepada Allah untuk meminta berkat. Seperti Yakub yang bergumul dengan Allah sepanjang malam, menjerit kesakitan dan putus asa, permohonan kita juga harus naik ke hadirat Allah dan memanjatkan permintaan yang kita ketahui. Naik ke hadirat Allah berarti bersikap jujur kepada Dia, menerima Dia sebagai Tuhan ALLAH kita, memiliki hati yang benar-benar berkomitmen untuk mengenal Dia. Mazmur 66:18 menjelaskan pentingnya naik ke hadirat Tuhan sehingga Dia akan mendengar doa kita. Allah ingin memberkati kita. “Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya” (1 Yoh. 5:14). Yakobus 4:2 mengatakan bahwa “kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.”

Baiklah, Tuhan, saya naik kehadirat-Mu, dan saya meminta. Selidikilah hati saya dan dengarlah suara saya. Oh, kiranya Engkau memberkati saya juga.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan