Tulang yang Sehat

"Hati yang gembira adalah obat manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang" (Amsal 1 7 : 22).

    Penelitian terakhir yang dilaporkan dalam jurnal Psychological Science mengatakan bahwa intensitas senyum Anda dalam foto Anda adalah alat yang dapat diandalkan untuk memperkirakan berapa lama Anda bisa hidup. Hal ini mendorong saya tiba-tiba untuk mulai mencari album keluarga saya sehingga saya bisa menghitung berapa banyak gambar saya yang memiliki senyum terpaksa atau senyum yang tulus? Penelitian memberikan nilai intensitas senyum pada gambar ratusan pemain bisbol professional. Karena kesehatan dan catatan umur panjang sedang dibandingkan dengan intensitas senyum, para peneliti hanya meneliti pemain yang mulai berkarier di liga utama sebelum tahun1950. Para atlit muncul dalam gambar dengan senyum lebar memiliki resiko kematian setengah dibanding orang-orang dengan wajah datar tanpa senyum.
     Kita telah lama mengetahui tentang efek stres yang merugikan. Tetapi bahgaimana efek positif dari semangat besar dan bahagia? Efek kesehatan dari humor pertama sekali saya sadari ketika Norman Cousins, seorang penulis, redaktur dan pembicara, menulis bukunya yang terkenal Anatomy of an Illness (pertama kali diterbitkan pada tahun 1979). Cousins, yang menderita penyakit jantung dan radang sendi yang menyakitkan, menggambarkan efek penyembuhan berkat tertawa. Sejak Cousins membawa penelitian pada isu itu, literature ilmiah tentang tertawa dan penyembuhan meningkat dengan pesat. Tampaknya sekarang, memiliki “hati yang gembira” sebagaimana Alkitab katakan dapat meningkatkan kesehatan, mengurangi resiko penyakit jantung, mengurangi resiko aritmia jantung, kecepatan penyembuhan setelah serangan jantung, meningkatkan hormon pertumbuhan, menurunkan kortisol, dopamine, dan epinefrim (semua faktor stres); meningkatkan kesehatan imunologi dengan meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami dan immunoglobulin, dan meningkatkan usia. Bahkan, banyak rumah sakit besar sekarang memiliki unit perawatan badut atau sesuatu yang setara di mana badut yang terlatih khusus akan membantu anak menjalani pengujian atau pengobatan yang serius. Sebab sebagaimana Groucho Marx pernah berkelakar: “Seorang badut adalah seperti aspirin, hanya ia bekerja dua kali lebih cepat.” Amsal 15 : 30 menunjukkan bahwa hanya dengan membuat wajah gembira akan mengubah saya dan merasakannya di dalam diri saya, serta membawa kesehatan dan penyembuhan. Oh, sesungguhnya kuasa yang saya miliki ketika saya menyadari bahwa saya dapat memilih untuk mendisiplinkan pikiran saya, berpikir positif, dan memasang wajah bahagia setiap hari.
    Tuhan, ajarlah saya untuk benar-benar percaya pada-Mu. Saya memilih untuk menyerahkan beban saya kepada-Mu. Saya memilih untuk mengampuni mereka yang telah membuat saya sakit. Saya memilih untuk membuat wajah bahagia yang membawa sukacita bagi jantung dan menyembuhkan tulang saya.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan