Nyamuk

"Jawab tuan itu: Seorang musuh yang melakukannya" (Matius 13:28).

Kata Latin untuk “terbang” adalah musca. Di Spanyol, singkatan kata itu menjadi “nyamuk” yang secara harfiah “terbang kecil.” Dengan dua sayap dan sepasang punggung berbentuk pemukul untuk keseimbangan aerodinamis, nyamuk tidak memenuhi syarat sebagai penerbang handal, dan terutama sekali justru merepotkan. Agar adil, hanya betina dari beberapa spesies yang mengisap darah hewan berdarah panas dan hanya ketika hendak bertelur. Nyamuk membutuhkan protein darah tertentu untuk berkembang biak.

Dengan lebih dari 3.500 spesies nyamuk di seluruh dunia, maka lebih dari 175 jenis yang berbeda ada di Amerika Serikat saja. Nyamuk telah menarik banyak perhatian karena serangga itu menularkan beberapa penyakit serius, termasuk malaria. Salah satu genus nyamuk yang dijuluki anopheles termasuk 460 spesies, dengan kurang dari seperempatnya nyamuk itu mampu membawa malaria dan kurang dari setengah benar-benar terlibat dalam menularkan berbagai spesies plasmodium, yaitu parasit penyebab penyakit. Bahkan hanya relatif sedikit spesies anopheles yang melakukan pekerjaan kotor, sekitar 650.000 orang meninggal setiap tahun karena malaria. Selain kematian, jutaan lainnya mengalami penyakit melemahkan dan komplikasi lain. . .

Selain malaria, beberapa spesies nyamuk pengisap darah juga menularkan penyakit virus yang serius, seperti demam berdarah, demam kuning, dan virus West Nile. Pusat Pengendalian Penyakit di Atlanta memperkirakan bahwa ada sebanyak 100 juta orang yang mengalami demam berdarah setiap tahun. Jadi apakah nyamuk memiliki reputasi baik? Bukankah dunia ini menjadi tempat yang lebih baik jika nyamuk punah? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada baiknya mengingat bahwa hanya sebagian kecil nyamuk diberikan nama yang buruk. Kebanyakan nyamuk, seperti kupu-kupu, memberi makan kepada nektar tanaman. Bahkan, satu genus nyamuk besar dengan 95 spesies justru tidak mengisap darah, dan larvanya benar-benar memangsa larva nyamuk lainnya. Nyamuk jenis ini adalah sekutu dalam perjuangan kita melawan penyakit mosquitoborne. Unsur pokok air liur nyamuk terbukti berharga dalam penelitian medis. Peneliti telah mengisolasi lebih dari selusin protein, termasuk beberapa yang menekan atau memblokir sistem kekebalan tubuh kita, mencegah darah dari pembekuan, atau membantu dalam mencerna gula dan protein. Antikoagulan yang lebih mudah digunakan sekarang ini dikembangkan berdasarkan contoh air liur nyamuk. Nyamuk adalah serangga ciptaan Allah menakjubkan yang luar biasa. Sangat disayangkan bahwa mereka yang membenci umat Allah justru telah meniru beberapa jenis nyamuk.

Tuhan, sampai Engkau datang, apakah yang Engkau ingin saya lakukan untuk meringankan penderitaan, penyakit, dan kematian akibat malaria berbahaya Iblis itu?

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan