Yesus: Buah Sulung

"Karena sama seperti semua Orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus. Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai ' buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya" (1 Korintus 15:22,23).

Pada zaman Yesus orang Yahudi merayakan tiga hari raya besar yang ditentukan oleh Hukum Musa. Hari-hari raya itu adalah; (1) Paskah, yang jatuh pada hari kelima belas bulan pertama (nissan) setiap tahun; (2) Hari Raya Tujuh Minggu atau Pentakosta (juga disebut pesta panen atau buah sulung), yang jatuh tepat 50 hari setelah paskah dimulai; dan (3) Hari Raya Tabernakel atau Pondok Daun (disebut panen) yang datang pada bulan purnama dari Tishri, bulan ketujuh, dan menandai akhir penuaian.

Masing-masing dari perayaan ini memiliki implikasi besar untuk panen. Misalnya, itu dilaksanakan hanya setelah imam melambaikan selubung jelai gandum di depan altar pada hari kedua paskah bahwa "awal panen" dapat dimulai

Yesus, lambang dari domba itu, pada hari kebangkitan-Nya, kembali pada kemuliaan yang sama dengan Bapa. Tapi Dia tidak melakukannya, pada saat itu, Dia menggunakan sarung yang kusut—penurutan yang sungguh-sungguh bangkit bersama dengan-Nya. Memperkenalkan mereka kepada Bapa harus menunggu sampai kepergian-Nya secara resmi di Bukit Zaitun minggu berikutnya. Namun, pada hari kebangkitan-Nya, Dia pergi sendiri untuk tenang, sendirian, pertemuan pribadi dengan Bapa.

Dengan cara ini, Dia, adalah Putra Sulung Allah, diri-Nya sendiri adalah buah sulung dari tuaian kebangkitan. Berhak menerima pujian, Dia bukan hanya yang pertama bersama Bapa, tapi juga yang pertama dari semua prioritas orang percaya yang Dia percayai Dan pada akhirnya, ketika kita juga berada dalam kubur, ketika kita bangkit, Dia adalah suara pertama yang akan kita dengar, wajah pertama yang akan kita lihat—Pribadi yang pertama menyambut kita untuk hidup kekal di mana tidak ada lagi penderitaan dan kematian.

Karena “Kesengsaraan tidak akan timbul dua kali” (Nahum 1:9), kehadiran penderitaan itu di dunia kita terlihat sebagai penampilan pertama dan satu-satunya di alam semesta—penyimpangan yang tragis kemudian benar-benar dihancurkan oleh kematian Kristus, dipastikan untuk tidak pernah lagi mengganggu di semua tempat Allah yang luas dan damai.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan