Lebih Jauh

"Dan setiap orang yang karena nama-Ku meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal” (Matius 19:29).

Sampai perjalanan Columbus membawanya melintasi Amerika, saat itu dunia hanya mengenal Benua Afrika, Asia, dan Eropa. Dalam memperingati penemuan benua baru, Spanyol mencetak koin dengan gambarnya—di bagian belakangnya dengan bangga menyatakan “plus ultra” atau lebih jauh.

Pernyataan ini menggambarkan pandangan Kekristenan. Orang bukan Kristen melihat pintu gelap kematian dan hanya melihat daging yang membusuk dan tulang yang memutih kemudian diam selama-lamanya—tidak ada yang lain! Untuk itu, hidup adalah sebuah kebetulan biologis: Keajaiban dari napas, kematian yang tidak dapat dihindarkan, dan kemudian, tidak ada lagi. Tetapi iman Kristen tidak seperti itu. Kita memiliki harapan untuk sesuatu yang lebih baik; percaya bahwa ada yang lebih—jauh lebih baik.

Upah kita melayani Tuhan tidak diberikan nanti pada dunia yang akan datang; itu dimulai dalam kehidupan sekarang ini. Sebagai hasil perbuatan baik kita, hidup di dunia sekarang ini memiliki banyak keuntungan yang tidak diketahui oleh orang bukan Kristen. Upah dari kemurahan hati terhadap orang miskin (Yes. 58:6-9), setia dalam persepuluhan (Mal. 3:8,9), setia menjaga kesucian hari Sabat (Yes. 58:12-14), cara makan yang tepat, cara berpakaian yang tepat, dan, tentu saja, ibadah setiap hari adalah bukti nyata sebagai anak-anak Allah. Melayani Yesus tidak hanya dibayar dengan keuntungan psikologis (pikiran yang tenang dan jiwa yang damai), badani (sehat dan umur panjang). Melayani Tuhan bukan hanya mencegah kesakitan dan kepedihan melainkan meningkatkan kehidupan yang dekat dengan Tuhan dan menghasilkan kesanggupan untuk berserah saat menghadapi kematian yang tidak dapat dihindarkan.

Bagi Allah hari esok adalah pasti. Hal itu terlebih dahulu ada jauh dari waktu kematian kita, itu sama pastinya dengan kita bangun di setiap pagi; seperti kepastian nubuatan Yesaya tentang kelahiran-Nya (Yes.7:14); kematian-Nya di atas kayu salib (Yes. 53:7); dan pujian Daud akan janji kebangkitan-Nya dari kubur (Mzm. 16:10). Kitab perjanjian baru adalah kegenapan dari nubuatan perjanjian lama mengenai pelayanan-Nya, bukti yang tidak dapat disangkal dari kejujuran-Nya dan dasar pengharapan terakhir kita yang kuat.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan