Pendalaman: bacalah tulisan Ellen G. White, “seruan nyaring, hlm 153-166, dalam buku peristiwa-peristiwa ahir zaman.
Kita perlu datang kepada standar yang lebih tinggi, maju dan menuntut pengakuan status istimewa kita yang agung. Kiita harus berjalan bersama allah dengan rendah hati , tidak menyombongkan diri dengan karakter yang sempurna , tetapidalam iman yang sederhana menuntut setiap janji dalam firman allah; karna janji itu adalah bagi mereka yang menurut , bukan bagi mereka yang melanggar hukum allah. Kita percaya kepada kesaksian allah, dan bergantung sepenuhnya kepadanya, dan semua kemungkinan memuliakan diri atau kesombongan akan dihilangkan. Kita diselamatkan oleh iman, bukan oleh iman yang pasif, tetapi oleh iman yang bekerja dengan kasih, yang menyucikan jiwa. Tangan kristus sanggup menjangkau semua jenis orang bedosa, dan membawanya kembali dari pelanggaran kepada penurutan. Tetapi tidak ada kekeristenan yang luhur  sehingga dapat melambung tinggi di atas persyaratan hukum allah yang kudus. Ini diluar kuasa kristus untuk menolong; itu diluar ajaran yang ada yang dicontohkan-nya; karna ia berkata ; ‘aku telah memelihara perintah bapa-ku,dan tinggal dalam kasih-nya, ‘DAN SEMUA YANG MENGIKUT KRISTUS akan mempersembahkan penurutankepada hukum allah yang kudus.”—Ellen G. White, signs of the times, 31 maret 1890

Pertanyaan untuk didiskusikan:
1.       Diskusikan berbagai penekanan injil dalm ajaran yesus, yakobus, dan paulus , termasu persamaan dan perbedaan diantara mereka. Dengan menggabungkan mereka dan melihat  gambaran keseluruhan, bagaimana kita dapat menjaga diri kita dari jatuh kedalam legalisme atau kasih karunia yang murahan?
2.       Ketika merasa putus asa terhadap kerohanian anda,  janji-janji injil apakah yang dapat anda tuntut untuk menolong menjaga diri anda dari keputusasahan? Mengapa, bahkan dalam waktu yang paling gelap sekali pun, anda tidak boleh menyerah, dan menga janji kebenaran kristus sebagai pemberian kepada orang yang berdosa yang tidak layak adalah kunci untuk mencegah anda untuk menyerah?
3.       Pekabaran 3 malaikat menghubungkan dengan sangat dekat penebusan dan keselamatan. Dmikian juga yohanes 1:1-14, mengapakah 2 topik ini sangat berkaitan? Bagaimana keterkaitan yang dekat ini menolong menjelaskan mengapa hari sabat adalah komponen pusat hukum allah? Bagaimanakah hubungan ini menolong kita mengerti sabat sebagai pusat dalam pertentangan akhir di akhir zaman?

.
 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan