Permulaan Hikmat

Dalam Amsal l:l-6.judul "Amsal-amsal Solomo bin Daud" (ams 1:1) menetapkan hubungan antara Amsal dan l Raja-raja 3:5-14. Dalam kitab Raja-raja (sebagaimana di kitab Amsal), Salomo dihadirkan sebagai seorang anak yang mencari hikmat dari Allah. Di samping keduanya menunjuk Salomo sebagai "anak Daud," kedua ayat-ayat tersebut juga memberikan kata-kata umum: "pengertian," "hikmat,’” "pertimbangan." Kesejajaran ini bukan hanya memastikan Salomo sebagai orang di balik penulisan kitab ini, itu juga menunjukkan bahwa Amsal berkaitan dengan pencarian manusia terhadap hikmat dari Allah.
 
Bacalah Amsal 1:7. Apakah hikmat itu? Apakah "takut akan TUHAN" itu? Bagaimanakah dua konsep ini berhubungan satu dengan yang lain?
 
     "hikmat" di sini didefinisikan sebagai pengalaman rohani. Hal ini berkaitan dengan takut akan Tuhan. Konsep penting agama lbrani ini adalah kunci Amsal. Bukan hanya muncul berkali-kali, tetapi itu juga menyusun Kitab Amsal secara keseluruhan (Ams. 1:7; 31:30).Takut akan Tuhan tidak ada kaitannya dengan takhyul dan rasa takut seperti anak-anak terhadap hukuman Ilahi. Sebaliknya, itu harus dipahami sebagai kesadaran takut pada kehadiran pribadi Allah di setiap saat dan di mana saja.
 
     Takut akan Tuhan telah menandai reaksi manusia terhadap wahyu Allah di Sinai (Kel. l9: 16; 20:20), sebagaimana itu menjelaskan komitmen mereka untuk setia dan mengasihi Allah sebagai jawaban bagi perjanjian-Nya dengan mereka (Ul. 10:12). Singkatnya, takut akan Tuhan berarti setia kepada Allah dan mengasihi-Nya. Ungkapan. "takut akan TUHAN adalah permulaan .... hikmat" berarti bahwa hikmat bermula dalam "takut" ini. 
 
      Kata lbrani untuk "permulaan"(reshit) menunjuk kepada kata pertama dari pendahuluan kisah Penciptaan (Kaj. 1: 1). Maka, pelajaran pertama dari hikmat berkaitan dengan pemahaman bahwa Allah adalah Pencipta kita, Dia yang memberi hidup dan napas, dan bahwa Dia selalu hadir-Allah kasih. dan keadilan. dan penebusan (Yoh. 3:l6; mzm 89:14; ibr 19:12).

Kita diminta untuk mengasihi Allah dan juga takut akan Dia. Bagaimanakah dua konsep ini berkaitan dengan penglalaman pribadi Anda dengan Tuhan

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan