Buatlah Itu Tetap Sederhana

"Perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup" (Lukas 10:28).

Jika Anda pernah mempelajari ilmu pengetahuan yang melibatkan percobaan teknis laboratorium, maka Anda tahu bagaimana frustasinya ketika sebuah eksperimen tidak berlangsung baik. Semua data yang dihasilkan akan ganjil. Untuk menambahkan tekanan terhadap kegagalan, guru Anda akan memberitahu Anda bahwa setiap percobaan benar-benar terjadi akan menghasilkan data yang selalu baik. Anda mungkin kurang hati-hati melakukan eksperimen dan mengontrol semua variabel, sehingga membuat seolah-olah terlihat Anda memiliki data yang kacau.

Sebagai contoh, satu percobaan yang umum dan benar-benar sederhana yang melibatkan pengukuran pengaruh konsentrasi zat terlarut pada tekanan osmotik, atau kekuatan osmosis dalam suatu larutan. Air bergerak melalui membran ke daerah yang memiliki konsentrasi zat terlarut yang lebih besar, seperti di dalam sel, menyebabkan sel membengkak dan itulah yang disebut tekanan osmotik. Ini merupakan konsep penting untuk diuji dan dipahami semua ahli biologi. Alat yang digunakan untuk mengukur tekanan osmotik disebut osmometer. Biasanya tabung gelas yang melebar di salah satu ujung (disebut tabung thistle) berfungsi sebagai osmometer. Setelah membran semipermeabel diikat erat dengan karet gelang dengan ujung yang melebar, maka Anda dapat menyuntikkan larutan gula ke dalam tabung thistle. Mudah-mudahan membran masih utuh dan tidak memiliki lubang di dalamnya. Ketika semua sudah siap untuk dimulai, Anda menandai tingkat air gula di dalam tabung gelas, masukkan tabung ke dalam air bersih, dan mulailah penghitungan waktu.

Yang para siswa (dan guru) harapkan adalah air bersih akan berdifusi melalui membran ke dalam larutan gula, meningkatkan kadar air gula dalam tabung osmometer. Peningkatan ketinggian cairan akan sejajar dengan konsentrasi larutan gula yang dimasukkan tadi-lebih banyak gula, pasti itu akan semakin tinggi.

Seringkah, tidak ada yang terjadi, atau ketika ketinggian larutan gula jauh di atas air murni di luar, yang sebenarnya itu harus turun. Siswa yang merekamnya akan mengeluh bahwa percobaan tidak bekerja. Oh, itu benar, tapi itu menunjuk kan bahwa membran bocor. Karena masalah umum ini, saya merancang sebuah sistem baru yang terbuat dari bagian pipa umum yang tersedia di setiap toko bahan bangunan. Ketika Anda menyekrup ke bawah dengan erat, hal itu menciptakan segel. Hal ini sederhana dan berhasil. Sekarang kita jarang mendapatkan hasil anomali karena sistem yang bocor.

Saya suka sistem sederhana yang bekerja dan mendapatkan hasil. Itu sebabnya saya suka kesederhanaan Yesus bertukar pikiran dengan pengacara muda yang ada dalam Lukas 10:25-37.

Tanpa bantuan-Mu, Tuhan saya tidak memilikinya dalam diri saya untuk mencintai-Mu dan orang-orang yang Engkau cintai.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan