Sisik Sayap

"Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut, juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku" (Mazmur 139:9,10).

Apakah kupu-kupu itu mabuk? Perhatikan pola penerbangan yang tidak menentu. Bagaimanakah ia mendarat tanpa menabrak? Sepertinya saya melihat sistem kontrol penerbangannya membutuhkan perbaikan besar-besaran. Tapi kemudian mendarat dengan mudah pada bunga dan menyerap nektar sebelum terbang zig-zag dengan akurat ke bunga yang lain terdekat.

Kupu-kupu dan ngengat termasuk serangga yang disebut Lepidoptera, nama yang berarti “sisik sayap.” Lihatlah sayap kupu-kupu dalam kaca pembesar, dan kelihatannya itu seperti atap sirap. Deretan sisik tumpang tindih sekitar satu sepertiga sampai setengah sisik terlihat pada setiap baris tertentu. Sisa sisik tersembunyi di bawah sisik tumpang tindih di baris berikutnya yang lebih tinggi. Sekarang lihatlah atap Anda. Seperti itulah sayap kupu-kupu terlihat di bawah kaca pembesar. Jika Anda memengang kupu-kupu atau, ngengat, dan bahan berdebu akan ada pada jari-jari Anda. Pada kerusakan fisik di sayap, kemungkinan Anda akan melihat di mana sisik yang tergesek atau terlempar, menghasilkan debu awan kecil.

Pelajarilah area yang rusak itu dengan mikroskop elektron, maka Anda akan melihat bahwa setiap sisik dicolokkan ke soket miniatur di sayap. Deretan soket tubular, dengan sedikit bukaan terbatas, membentuk garis sayap. Setiap sisik memiliki batang dengan tulang yang membesar di tengah-tengahnya. Sisik dicolokkan ke soket yang telah membengkak pada tangkai yang digenggam oleh soket yang ¡ujungnya ditarik. Jadi hanya dengan sentuhan ringan, akan dapat mencabut sisik dan menghasilkan debu. Tampaknya kerusakan itu permanen.

Dengan meningkatkan perbesaran, dan Anda akan melihat bahwa setiap sisik benar-benar struktur berenda yang dibuat pada tekstur bukit yang menurun memanjang ke bawah. Daerah tipis antara bukit-bukit itu, memiliki banyak lintang yang menghubungkan semua bukit, namun lubang di antara lintang membuatnya tampak berenda. Bahkan perbesaran lebih besar mengungkapkan bahwa bukit terdiri dari jari tumpang tindih dari bahan yang menyatu bersama-sama dengan bintik yang dilas. Seperti baris panjang domino yang berdiri telah ditepis, setiap jari terletak di atas yang terdekat satu sama lain.

Terlepas dari pigmen melanin yang membuat warna gelap, struktur rumit sisik kecil kupu-kupulah yang sebenarnya memberikan kupu-kupu warna-warni cerah yang khas.

Tuhan yang tertinggi, jika Engkau telah menaruh banyak pemikiran dan rinci untuk membuat sisik sayap kupu-kupu yang indah, mengapa saya pernah bertanya apakah Engkau peduli terhadap rincian kehidupan saya?

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan