Terang dan Kehidupan

Bacalah Amsal 6:23. Bagaimanakah hukum dihubungkan dengan "terang?”

   Di dalam Alkitab, firman Allah atau hukum-Nya telah dibandingkan kepada terang: “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku" (Mzm. 119:105). Dalam pemikiran Ibrani ada hubungan antara gagasan "hukum" dan "terang." Sama seperti terang menerangi jalan di mana kita berjalan, hukum akan menolong kita tetap di jalur; yaitu, ketika kita menghadapi pilihan-pilihan moral itu akan menolong kita untuk mengetahui apa pilihan yang benar, bahkan jika kadang—kadang alasan atau kebijaksanaan pribadi menggoda kita untuk mengabaikan hukum.
    Contoh-Contoh apakah yang Anda dapat temukan di dalam Alkitab dari mereka yang memilih menuruti hukum Allah meskipun ada alasan—alasan kuat untuk tidak menuruti? Apakah yang dapat kita pelajari dari penurutan mereka? Dalam kasus apa, jika ada, apakah pilihan mereka untuk setia kelihatannya salah setidaknya dari pandangan manusia?
Seiring dengan Amsal 6:23, baca Amsal 7:2. Mengapakah hukum dihubungkan kepada “kehidupan"?
   Sejak kejatuhan, harapan kita untuk kehidupan kekal tidak dapat ditemukan di dalam hukum, tetapi hanya melalui iman dalam Kristus. Namun, ketaatan kepada hukum dan prinsip—prinsip yang diwakilinya terus memainkan peran yang pokok dalam kehidupan iman (lihat Mat. 19:17; Why. 14:12). Kita menurut karena, sebagaimana Tuhan berfirman kepada Israel ribuan tahun yang lalu: "Akulah TUHAN, Allahmu" (Im. 18:4). Hukum Allah dihubungkan dengan "kehidupan,” hanya karena siapa Allah itu—sumber kehidupan kita. Prinsip ini mewakili spiritualitas yang sejati, yaitu kita percaya kepada Allah dan janji-janji-Nya bagi kehidupan kita saat ini, sebagaimana kita percaya kepada janji—janji-Nya untuk kehidupan kekal.
    Yesus berkata: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup" (Yoh. 8:12). Bagaimanakah Anda telah mengalami realitas janji indah ini dalam perjalanan Anda bersama Tuhan?
 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan