Bersukacita dalam Penciptaan

     Dalam Kejadian l kita melihat bahwa setiap tahap Penciptaan disimpulkan dengan pengulangan yang sama: “Allah melihat bahwa itu baik" (lihat Kej. :1:4, 10, 12, 18, 21, 25, 31). Tahap terakhir (ayat 31) bahkan melangkah lebih jauh: "Itu sungguh amat baik." Kata Ibrani untuk "baik" mengandung gagasan kenikmatan, dan juga menyatakan secara tersirat hubungan. Pada akhir seluruh minggu Penciptaan, Allah berhenti sejenak untuk menikmati sepenuhnya penciptaan-Nya (Kej. 2:1-3); Waktu istirahat ini, hari Sabat, diberkati. Demikian juga puisi kita disimpulkan dengan hikmat menikmati Penciptaan. 
 
Bacalah Amsal 8:30, 31. Mengapakah hikmat bersukacita? 
 
    Sukacita hikmat mencerminkan sukacita Allah pada saat Penciptaan. Sukacita ini tidak hanya terjadi "setiap hari," pada setiap tahap Penciptaan, tetapi juga memahkotai pekerjaan Penciptaan, ketika Penciptaan (atas kehidupan di bumi) itu sendiri diselesaikan. Dalam Amsal 8, kita temukan alasan bagi sukacita hikmat: "Sukacita—Ku adalah bersama-sama anak—anak manusia" (ayat 31, NKJV). 
      Pada akhir minggu Penciptaan, pada hari Sabat, Allah masuk ke dalam suatu hubungan dengan manusia. Aplikasi langsung dari perhentian dan sukacita Ilahi, setelah minggu bekerja, memiliki implikasi bagi pengalaman manusia akan hari Sabat: "Mengikuti pola Penciptaan, manusia juga dapat melihat kembali pada pekerjaannya yang telah selesai dengan sukacita. kesenangan, dan kepuasan. Dengan cara ini manusia bisa bersukacita bukan hanya dalam ciptaan Allah tetapi juga dalam tanggung jawab pengelolaannya, bukan eksploitasi, atas ciptaan."Gerhard F. Hasel, in Kenneth A. Strand, The Sabbath in Scripture and History (Review and Herald Publishing Association, 1982), hlm. 23. 
    Bacalah Kolose 1:15-17; 2:3; Wahyu 3:14, dan Yohanes 1:1-14. Apakah yang ayat-ayat ini nyatakan tentang peranan Yesus dalam Penciptaan itu sendiri? Mengapa peranan-Nya sebagai Pencipta begitu penting dalam memahami peran-Nya sebagai Penebus kita?
 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan