Mulut Orang Benar

    Mulut (dengan semua komponennya, bibir dan lidah) adalah organ yang paling penting di dalam kitab Amsal. Di kitab Amsal dalam New King James Version, kata "mulut" digunakan 50 kali, "bibir"' muncul 41 kali, dan "lidah" 19 kali. Penggunaan organ ini dalam percakapan adalah tema yang sangat penting dalam Amsal 10-29. 
    Dasar pemikiran utama begitu sangat penting: Perkataan kita sangat berkuasa entah untuk yang baik atau yang jahat. Lidah bisa menjadi karunia yang terbaik atau terburuk yang telah diberikan kepada kita. Dua hal yang bertentangan tentang lidah merupakan salah satu pelajaran penting dalam kitab Amsal. Memang, mulut menghasilkan kehidupan, tetapi itu juga dapat membawa kematian. 
     Bacalah Amsal l0:ll-l4. Apakah perbedaan di sama antara bagaimana orang benar berbicara dan bagaimana orang jahat berbicara? 
     Di ayat 11 menekankan ekspresi "sumber kehidupan." Secara simbolis itu mengacu kepada kualitas-kualitas hikmat. ltu digunakan dalam referensti kepada Tuhan (Mzm. 36:9), Sumber kehidupan. Gambaran yang sama digunakan dalam kaitannya dengan tempat kudus, dari mana mata air mengalir (Yeh. 47:1,2). Yesus menggunakan metafora ini untuk mengilustrasikan karunia Roh (Yoh. 4:14)
    Jadi perbandingan mulut orang benar kepada "sumber kehidupan" sama dengan menghubungkannya dengan Allah' sendiri. Apa yang menjadi ciri mulut ini adalah karunia positif "kehidupan." Kualitas ini memberitahukan kepada kita apa sebenarnya fungsi mulut. Itu, harus menjadi sebuah kekuatan untuk kebaikan, bukan kejahatan, sumber kehidupan, bukan kematian. Apa yang disampaikan di sini juga terlihat dalam Yaukobus 3:2-l2. 
    Ingat juga, bahwa melalui pembicaraan, melalui “kata-kata dari kuasa-Nya" (Ibr l:3, NKJV), Allah menciptakan langit dan bumi. Pembicaraan, oleh karena itu, harus bermanfaat hanya kepada tujuan yang berdaya cipta. 
     Pertimbangkanlah betapa sangat kuatnya kata-kata. Dengan perkataan Anda, maka Anda dapat mengisi orang-orang dengan kepercayaan diri, sorak-sorai, dan pengharapan, atau Anda bisa membuat mereka menangis dan menghancurkan mereka sama pastinya jika Anda menyerang mereka secara fisik. Bagaimanakah Anda harus berhati-hati sementara Anda memegang kuasa lidah Anda?
 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan