Cumi-cumi Flamboyan

Siapakah yang seperti Engkau, di antara para allah, ya TUHAN; siapakah seperti Engkau, mulia karena kekudusan-Mu, menakutkan karena perbuatan-Mu yang masyhur, Engkau pembuat keajaiban?" (Keluaran 15:11).

Pertama kali melihat video klip cumi-cumi flamboyan, saya tidak bisa memercayai mata saya. Pertama, cumi-cumi bukanlah benar-benar ikan-itu lebih, seperti gurita dengan tentakel sangat pendek. Gurita, nautilus, dan cumi-cumi adalah jenis moluslca pada kelompok Cephalopoda (artinya kepala kaki, karena memiliki kaki di kepala mereka). Itu akan lebih baik. Cephalopoda memiliki jet air yang kuat yang dihidupkan ketika perlu untuk melarikan diri dengan cepat. Ketika perlu meledakkannya, hewan ini meninggalkan awan tinta hitam untuk membuat mereka tampaknya pergi dan menghilang. Tapi tunggu, itu akan lebih aneh. Cumi-cumi flamboyan hanya panjang 3 inci (8 cm), dan namanya adalah flamboyan.

Hewan kecil ini tampak seperti sebuah neon kompetisi di Las Vegas. YouTube memiliki beberapa arsip video klip yang bagus. Hal ini terbaik karena ditulis di “Studio Bawah Air“ dan “Makan Malam Penangkapan Cumi-cumi.” Apa yang akan Anda lihat dari klip makhluk kecil ini sangat membosankan, berkamuflase dan “berjalan” di sepanjang dasar laut berpasir menggunakan dua dari delapan tentakel dan dua kulit perut. Dua tentakel panjang lurus ke depan, dua merasakan pasir untuk mencari makanan, dan dua bergoyang-goyang di atas tubuh. Ketika flamboyan menangkap makan malamnya, tampak seolah-olah lidah katak bergerak lambat keluar (sebenarnya tentakel dimodifikasi dengan pengisap di ujung) dan tiba-tiba menangkap udang, ikan kecil, cacing, dan ikan kecil lainnya. Karena cumi-cumi kecil ini sangat beracun, hal itu menyampaikan fakta bahwa tidak akan ada ikan lapar atau cephalopoda lain yang memangsanya. Betapa satu pertahanan diri yang sangat bagus. Dari sinilah nama “flamboyan” bagian dari nama cumi-cumi ini berasal. Dalam beberapa detik warna kusam cokelat, berbintik-bintik, berwarna pasir berubah menjadi pucat putih dengan pinggiran kuning cerah atau sisi berdenyut dan melambai di sekitar tepi perutnya. Giliran bagian atas tentakel menjadi putih, dengan warna merah muda cerah pada ujungnya. Bagian bawah tentakel berwarna hitam dan kuning. Bagian yang paling menakjubkan adalah aliran berirama garis-garis gelap diagonal yang tampaknya menyapu tubuh cumi-cumi dari depan sampai ke belakang. Garis-garis kuning, dan merah muda muncul juga. Analogi terbaik yang saya bisa pikirkan yang menyerupai cumi-cumi flamboyan ini adalah papan reklame Las Vegas yang mencolok dengan cahaya yang bergerak dan berubah warna.

Pencipta cumi-cumi flamboyan, saya tahu bahwa itu hanya salah satu dari banyak keajaiban-Mu. Engkaulah Allah yang benar-benar menakjubkan. Tidak ada yang seperti Engkau.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan