Hubungan


Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu“ (Galatia 5:22, 23).

Bagaimanakah setiap sel fotosintesis di setiap daun mendapatkan pasokan sehingga dapat melakukan fotosintesis dan membantu tanaman berbuah? Keindahannya adalah dalam rincian hubungan.

Pilihlah sehelai daun dan lihat secara dekat pembuluh darahnya. Vena utama yang besar mudah untuk dilihat karena terbagi ke dalam pembuluh darah sekunder kecil yang terus bercabang menjadi lebih kecil dan lebih kedi sampai jaringan itu begitu luas sehingga setiap sel daun tunggal mikroskopis-adalah sangat berdekatan, jika tidak tepat di sebelah, setidaknya satu vena mikroskopis. Vena terdiri dari sel seperti pipa panjang yang terjadi pada berbagai jenis sel. Salah satu keluarga sel berongga seperti pipa disebut tracheids dan pembuluh ini terutama berfungsi sebagai saluran yang membawa air dan mineral dari akar ke sel fotosintetis. Tanpa: bahan baku seperti itu, fotosintesis tidak akan terjadi. Jenis sel saluran lain yang disebut tabung saringan membawa produk fotosintesis, yang paling sering adalah gula, asam amino, dan sejenisnya. Tanpa rute keluar yang mengalir bebas, fotosintesis akan menjadi sia-sia. Jadi memiliki saluran masuk dan keluar sangat penting untuk daun.

Tapi tunggu. Pikirkan bagaimana tanaman harus menciptakan rute masuk dan rute keluar pada awal setiap musim. Seluruh tata letak setiap sel fotosintesis untuk rute masuk dan keluar berkembang di tunas pada musim dingin yang kadang-kadang pada akhir musim panas atau musim gugur. Dengan berhati-hati potonglah tunas musim dingin untuk menemukan semua daun untuk musim semi berikutnya. Berikanlah sumber daya dan kondisi yang tepat bagi pucuk di musim dingin, dan itu akan menolong pertumbuhan (dormansi), memperluas, dan memberikan kesegaran yang penuh bagi daun.

Bagaimanakah semua pipa pada daun yang singkat hidupnya dapat bergabung dalam jaringan pembuluh darah yang lebih tahan di batang dan cabang? Membuat hubungan itu sangat penting. Cara kerjanya sebagai berikut Gabungan jaringan pembuluh darah pada cabang batang utama akan terhubung ke setiap divisi batang yang lebih kecil. Dan pada setiap daun, kumpulan ikatan jaringan vaskular yang lebih kecil pada batang dan cabang, akan memasuki daun itu sendiri. Inilah kegunaan helai daun. Semua vena daun utama berasal dari situ dan dibagi untuk memasok sel dan mengumpulkan produknya sendiri. Potonglah helai daun, atau potong jalur pada setiap titik, maka jalur masuk dan keluar berhenti. Daun atau cabang akan mati. Rincian hubungan sangat penting juga dalam kehidupan Kristen. Hubungan yang putus menghasilkan kehidupan yang tidak berbuah.

Tuhan, ingatkanlah saya kembali bahwa buah tidak berasal dari saya atau usaha saya. Engkaulah pokok anggur.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan