Pengaturan yang Ajaib

"Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran" (Efesus 5:8, 9).

Itu adalah peristiwa langka. Saya hanya melihat hal itu terjadi beberapa kali dalam beberapa dekade di mana saya mengajar biologi dan menyiapkan laboratorium eksperimen untuk mengeksplorasi keajaiban fotosintesis. Apa yang mahasiswa saya dan saya sedang lihat dengan takjub tersebut adalah aliran gelembung kecil mengalir keluar dari ujung batang tanaman air yang dipotong. Tanaman ini benar-benar tenggelam dalam air dengan ujung batang yang terpotong mengarah ke atas, daun ke bawah. Gelembung tertuang keluar dari batang yang dipotong dalam satu baris sekitar tiga atau empat gelembung per detik. Tentu saja, karena itu adalah sebuah eksperimen yang melibatkan fotosintesis, kami menyinari tanaman dengan cahaya terang, sehingga mudah melihat gelembungnya. Ketika lampu dipadamkan, gelembung berhenti seketika. Ketika kami menyalakan cahaya, gelembung langsung berlanjut. Ketika lampu dihidupkan dan dimatikan beberapa kali dalam rangkaian yang cepat, kami dapat membentuk detakan gelembung yang kecil untuk menemukan bentuk garis putus-putus dari ujung batang ke permukaan. Dengan menghidupkan dan mematikan lampu pada ritme yang tepat, seorang mahasiswa kreatif bisa membuat titik-garis-titik dari kode j Morse. Itu seperti menembakkan pelacak senapan mesin, hanya saja peluru gelembung itu terbentuk lebih lambat.

Satu-satunya hubungan antara jari yang mengendalikan tombol lampu dan tanaman yang sangat responsif yang mengalirkan unit oksigen (gelembung) kecil adalah cahaya terang yang menyinari. Dengan menjauhkan cahaya hanya beberapa inci saja, maka gelembung muncul sedikit lebih lambat. Menggerakkan tangan pada cahaya itu akan menghasilkan detakan gelembung yang terlihat berbeda. Seperti yang saya katakan, itu salah satu pengaturan laboratorium yang ajaib yang terjadi hanya sekali dalam jangka waktu yang singkat. Barangkali, pisau cukur mengiris batang sedemikian rupa sehingga semua produksi oksigen tanaman disalurkan ke salah satu titik pada batang. Lebih sering, kami melihat potongan tanaman yang terendam memancarkan gelembung kecil oksigen, seperti manik-manik keringat di seluruh tubuh.

Kalau Anda tertarik, carilah di google “fotosintesis elodea” untuk mendamaikan petunjuk dan gambar sehingga Anda dapat membuat eksperimen sendai Mungkin pengaturan Anda akan menghasilkan hal yang sama jika Anda beruntung. Fotosintesis adalah reaksi karbon dioksida dan air dengan kehadiran Um* fil dan cahaya untuk membuat gula dan oksigen. Sebagaimana yang Anda to* katakan, fotosintesis sangat responsif terhadap cahaya.

Tuhan, hari ini biarlah saya sama responsifnya terhadap cahaya Ittjd-Ma lam menyambut Roh untuk menghasilkan buah di dalam diri saya.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan