Kaki Tokek

“Sokonglah aku, supaya'aku selamat” (Mazmur 119:1 17),

Selain tokek bermata kecil cerah, hijau, model pintar yang berbicara pada iklan Asuransi Geico, apakah Anda pernah melihat tokek yang hidup? Jika Anda pernah tinggal di daerah tropis, Anda mungkin pernah melihatnya. Tokek adalah kadal kecil yang dikenal' karena kemampuannya menaiki permukaan gelas dengan cepat dan berjalan pada kecepatan tertinggi di plafon yang halus. Sampai saat ini hal itu merupakan misteri bagaimana mereka bisa melakukannya.

Lebih ribuan spesies tokek hidup di dalam rumah, dan penghuninya sering menerima kehadirannya karena kadal itu ahli menangkap dan memakan serangga, bahkan nyamuk. Jika Anda menonton iklan Asuransi Geico, selain berbicara dalam aksen Australia, salah satu hal yang benar-benar menarik yang dilakukan model itu adalah mengedipkan matanya. Tokek yang nyata tidak memiliki; kelopak mata—hanya memiliki membran yang transparan menutup matanya. Jadi kadang-kadang Anda akan melihat tokek menjilati matanya sendiri untuk membersihkannya. Namun hal itu tidak akan terlihat baik di televisi, bukan?

Beberapa percobaan ilmiah difokuskan pada desain telapak kaki tokek bergerigi yang menarik dalam upaya mempelajari bagaimana tokek dapat menjejakkan kaki pada permukaan yang begitu halus. Kakinya tidak lengket, tidak memiliki kait pada kakinya. Hasil percobaan menunjukkan bahwa setiap'kaki tokek memiliki hampir 500.000 struktur rambut kecil yang disebut setae, kata Latin untuk bulu atau rambut halus. Setae tokek diameternya hanya sepersepuluh: rambut manusia. Tapi di sinilah hal yang benar-benar menarik, pada setiap ujung setae ada 100 sampai 1.000 rambut yang lebih kecil yang disebut spatulde, yang lebarnya hanya 0,2-0,5 mikrometer. Ketika struktur ultra kecil' seperti ini mendekat dengan struktur lain, kekuatan lembut ini' menarik yang disebut interaksi van der Waals yang menarik mereka bersama. Para ilmuwan telah’ memisahkan sebuah setae tunggal dan mendapati bahwa setae dapat menahan 10 kali lebih berat daripada yang sebelumnya mereka perkirakan berdasarkan penelitian pada selUruli binatang, dan bahwa van der Waals adalah rahasia pijakan tokek. Dengan lima jari pada masing-masing empat kaki, tokek memiliki 20 jari kaki: Perhitungan menunjukkan bahwa hanya dengan satu kaki yang:menyentuh permukaan, maka tokek dapat menahan delapan kali berat badannya.

Ilmuwan material sekarang telah merancang nanofibers yang meniru rambut di kaki tokek. Dengan menggunakan nanofibers tersebut, robot dapat memanjat dinding kaca, dan perban berteknologi tinggi yang dilapisi dengan serat tersebut dapat membantu penyembuhan luka. Perban itu tidak lengket, sehingga perban itu tidak melukai saat dilepaskan.

Perancang yang sangat ahli, karena Engkau telah menciptakan sistem seperti jari kaki tokek, pastilah Engkau memiliki cara untuk menahan saya dan tidak pernah membiarkan saya pergi. Dekaplah saya di lengan-Mu agar saya tidak jatuh.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan