Kulit Hiu

“Bahkan ikan di laut akan bercerita kepadamu" (Ayub 12:8).

Dengan melihat Shark Week di Discovery Channel, setiap orang pasti mencintai hiu—khususnya hiu putih besar yang berenang di setiap pesisir laut yang luas. Sejak debutnya pada tahun 1988, Shark Week telah menjadi acara penting tahunan musim panas pada program Discovery Channel, dan hiu putih besar tampaknya menarik perhatian terbesar karena hiu itu begitu besar (sekitar 6 meter) dan bergerak begitu cepat. Pada waktu tulisan ini dibuat, program televisi itu telah menayangkan 161 episode. Shark Week membuat Discovery Channel mendapat peringkat tertinggi, dengan lebih dari 20 juta pemirsa.

Hiu hanya salah satu dari beberapa jenis ikan bertulang rawan, dengan lebih 400 spesies, mulai hiu kerdil enam inci sampai hiu paus yang sekitar 12 meter. Yang paling mengesankan saya adalah tubuh hiu sangat ramping, yang memungkinkan hiu menyelinap sangat mudah dalam air. Lihatlah keindahan dan simetris hiu karang abu-abu, sebagai contoh. Moncongnya dimulai dengan penampilan yang tipis, berakhir dengan ujung yang melebar, sementara Anda kembali ke arah matanya dan lebih luas lagi di mana sirip dadanya terhubung ke tubuh. Sirip dadanya terlihat seperti sayap belakang jet tempur. Sisi atas yang paling luas ke sisi bawah yang tipis adalah sirip punggung pertama. Sementara Anda melihat terus dari depan ke belakang, tubuhnya semakin ramping namun lebih rata dari sisi ke sisi daripada dari atas ke bawah, dan berakhir di depan. Sementara Anda melewati sirip punggung kedua, tubuhnya sekarang benar-benar rata sisi ke sisi.

Lebih penting lagi, untuk memberi kemudahan berenang‘di air, kulit ikan hiu ditutupi sisik (dentikel) kulit yang ukurannya sangat kecil yang membuat permukaan kulit seperti kertas pasir kasar. Bila dilihat dengan mikroskop elektron, masing-masing dentikel atau skala tampak seperti miniatur pesawat pembom. Dentikel memberikan hiu keuntungan besar dalam berenang, karena dentikel mencegah turbulensi air dan daya tarik, yang memungkinkan hiu untuk berenang lebih cepat dengan sedikit energi dibandingkan hewan seukurannya dengan kulit yang halus, keuntungan tambahan dari kulit kasar adalah permukaan mikroskopis kompleks ini membuatnya tidak lengket. Demikian juga bakteri atau ganggang tidak dapat menempel pada hiu. Sebagai hasilnya, kulit hiu tetap bebas dari parasit. Hiu tetap bersih dan berenang cepat di dalam air.

Rekayasa biologi telah belajar meniru sayap dentikel mikroskopis yang membentuk kulit hiu menjadi kasar. Speedo menawarkan apa yang mereka sebut pakaian renang fastskin, yang digunakan oleh sebagian besar perenang di olimpiade terakhir. Bonus tambahannya adalah desain permukaan yang antibakteri dan sekarang digunakan di rumah sakit.

Tuhan Pencipta semua hiu, kami banyak belajar oleh mempelajari makhluk menakjubkan ini. Memang, kemegahannya jelas menggambarkan kekreatifan-Mu yang jenius.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan