Sepuluh Kali Gaya Gravitasi

"Demikianlah kami mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kami" (Roma 12:6).

      Chris Clark dari Universitas California di Berkeley, mempelajari cara terbangnya burung kolibri. Dengan menggunakan kamera berkecepatan tinggi, umpan burung, dan sangkar burung, ia berusaha mendapatkan kolibri jantan Anna untuk menunjukkan cara berpacaran di udara bagi kamera filmnya. Pada 500 bidikan per detik, dalam setiap bidikan demi bidikan Chris dapat menganalisis apa yang burung aerobatik itu lakukan selama penerbangan spektakulernya. 
     Anda mungkin tahu bahwa burung betina berlaku ekstrem untuk memilih pasangan jantan yang akan diizinkan kawinnya. Tergantung spesiesnya, para jantan mungkin harus menyanyikan sebuah lagu cinta yang rumit, atau hanya memiliki warna yang tepat atau pola bulu berwarna cerah, atau melakukan tarian pacaran yang benar, atau membuat sarang yang unik, atau, dalam kasus kolibri jantan Anna dengan membuat pertunjukan udara, supaya dapat terpilih. Mungkin, seperti saya, Anda telah menyaksikan kolibri jantan mempertunjukkan penerbangan berpacarannya. Biasanya betina bertengger pada cabang di mana dia bisa menonton jantan akan terbang tinggi ke langit dan menukik langsung di hadapannya sebelum mundur menyambar membentuk huruf J dan membuat betinanya kagum dengan memantulkan belang tenggorokan berwarnanya dan suara desingan angin melalui sayapnya. 
     Dengan banyak pengulangan maka sang jantan menunjukkan dirinya menjadi pasangan yang baik nantinya. Chris telah menyelidiki bahwa cara terjun kolibri jantan Anna mengarah tanah pada kecepatan 90 kaki per detik, atau hampir 400 kali panjang tubuhnya dalam satu-detik. Jika dihubungkan dengan ukuran tubuhnya, maka lebih cepat daripada jet tempur atau bahkan pesawat ruang angkasa ketika menukik kembali naik ke atmosfer. Dan ketika burung berbalik arah dari penerjunannya. berarti burung itu mengalami hampir 10 g (10 kali gaya gravitasi). 

     Tanpa pakaian antigravitasi khusus yang dikenakan pilot pesawat tempur dan astronaut, manusia hanya dapat mentoleransi hanya 3 sampai 5 kali gaya gravitasi dalam kondisi fisik yang baik dan hanya dalam periode yang sangat singkat. Dengan pakaian antigravitasi modern yang khusus dibuat untuk pilot pesawat terbang, kini pilot dapat bertahan 9 kali gaya gravitasi yang tentu dengan pelatihan dan syarat-syarat khusus sebelumnya. Tak pelak lagi, kolibri jantan Anna dirancang dengan karunia khusus yang melampaui batas-batas yang mungkin kita pikirkan. Chris mengatakan bahwa kekuatan akselerasi burung ini lebih besar daripada organisme yang dicatat sebelumnya?
     Tuhan, karunia apakah yang Engkau telah berikan kepada saya yang Engkau ingin saya gunakan untuk kehormatan demi kemulian-Mu hari ini?Bawalah orang yang disakiti kepada kehidupan saya, supaya saya dapat membuat mereka kagum pada anugerah dan kasih sayang-Mu.
 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan