Permukaan Alami yang Tidak Lengket

"Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku!"(Mazmur 51:4).

   Mengapakah hujan turun begitu saya selesai mencuci mobil saya? Dan mengapa hujan membuat mobil saya kotor begitu cepat lagi? Anda tahu bagaimana itu terjadi. Anda membersihkan mobil (atau jendela rumah Anda, atau furnitur di halaman rumah, atau yang lainnya) sehingga semua mengilap dan bersih. lalu hujan turun. Seperti sihir, semua barang-barang Anda terpercik hujan dan kotor, kemudian Anda harus melakukan semuanya lagi dari awal jika Anda ingin itu tetap terlihat bagus. 
   Saya menduga bahwa ikita semua perlu mengambil pelajaran dari tanaman teratai (Nelumbo nucifera) yang hidup di lumpur dan dataran rendah daerah tropis basah. Meskipun hujan sering turun, membuat banyak lumpur dan kotoran yang memercik di sekitarnya, daun dan bunga teratai tetap bersih dan indah. Begitu cantik, sehingga teratai (sering disebut lotus bersih) adalah bunga nasionai India dan Vietnam. Jadi bagaimanakah teratai tetap bersih setelah hujan sementara hal-hal lain, seperti mobil dan jendela dan furnitur tampaknya berlumpur dan kotor? Itulah pertanyaan yang ditanyakan dan diteliti para ilmuwan. Setelah hujan turun, tetesan hujan merata dan permukaannya menjadi basah. 
   Pada daun tanaman yang mengandung lilin (atau mobil yang baru dililin) air akan pecah, dan sebagian besar tetesan akan jatuh. Tetapi walaupun daun dan mobil yang basah mengandung lilin, cenderung meninggalkan debu, kotoran, dan bekas kotoran. Daun teratai tidak terlihat mengandung lilin, tapi tetesan air itu pecah. Pada daun teratai setetes air menjadi seperti kelereng dan menggelinding di permukaannya. Airnya tidak akan menyebar dan membuat daun menjadi basah. Akibatnya, tetesan air yang menggelinding di daun membawa debu, kotoran, atau serbuk sari dan selalu meninggalkan daun tetap bersih dan kering. 
   Hal ini dikenal sebagai efek lotus. Rahasianya adalah dalam struktur permukaan daun yang bisa kita lihat hanya dengan menggunakan mikroskop elektron bertenaga besar. Mikroskop elektron menunjukan bahwa permukaan daun teratai sebenarnya kasar karena ada pasak-pasak sangat kecil menempel dan tegak lurus ke atas. Jadi fisik pasak-pasak yang berukuran nanometer itu membuat tetesan bergulung, dan membuat daun teratai bersih.
   Tuhan, tolonglah berikan saya "pasak" antilengket untuk kerendahan hati, doa yang sungguh—sungguh, ketulusan mencari wajah-Mu, dan berbalik dari perbuatan saya yang jahat. Saya membutuhkan pentahiran-Mu.
 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan