Tentang Surai

"Karena itu. sebagai orang—orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya. kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan Kesabaran"(Kolose 3:12).

   Kecuali Anda tahu persis apakah ciri-cirinya, kadang-kadang sulit mengenali apakah kucing itu jantan atau betina. Namun, tidak demikian halnya dengan singa. Singa satu-satunya kucing yang jantannya terlihat jelas berbeda daripada betina. Dapatkah kamu menebak apakah ciri-ciri itu? Kita mengagumi surai keemasan (bulu-bulu di tengkuk hewan) yang lebat pada singa jantan. Dalam pikiran kita, kita bayangkan singa berada di atas batu menonjol saat matahari terbenam, angin meniup bulunya. Tidak heran banyak orang lebih menyetujui singa sebagai raja binatang. 
   Para ilmuwan melihat surai itu dan bartanya-tanya mengapa jantan memiliki surai di tengkuk dan lehernya. Apakah tujuannya? Ini pasti bukan untuk menjaga singa itu supaya hangat, karena singa tinggal di iklim panas. Surai yang panjang, dan berwarna agak gelap akan menyerap lebih banyak panas dan itu adalah hal yang berat bagi Singa selama musim terpanas tahun itu. (Surai singa tidak semakin panjang pada suhu yang lebih dingin.) Apakah surai itu melindungi leher-nya ketika berkelahi dengan jantan lain? Para ilmuwan menyimpulkan mungkin tidak, karena semua jenis kucing dipersenjatai dengan gigi dan cakar yang mematikan, tetapi hanya singa yang memiliki bulu seperti itu. 
   Peneliti juga tidak menemukan bukti bahwa singa tanpa surai memiliki lebih banyak luka di kepala dan leher. Jadi surai itu mungkin bukan untuk perlindungan dalam pertempuran. Jadi apakah tujuannya?. Setelah beberapa tahun melakukan penelitian yang cermat, kini ahli biologi percaya bahwa surai memberikan pesan kepada singa lainnya. Ketika singa memiliki surai panjang berwana agak gelap. hal ini memberitahukan bahwa dia kuat dan sehat. Itu menarik perhatian betina. sedangkan jantan menjaga jarak. Jantan memilih untuk tidak melawan singa dengan surai yang lebih gelap yang panjang karena itu merupakan sinyal yang jelas untuk kemenangan dalam pertempuran. 
   Bagaimana Anda memberikan sinyal kepada orang lain sehingga mereka tahu bahwa Anda adalah orang Kristen? Apakah itu Anda berpakaian atau apa yang Anda makan, atau bagaimanakah Anda menunjukkan pekabaran Anda? Beberapa mungkin berpikir begitu. Tapi sinyal yang paling jelas yang dapat Anda berikan adalah cara Anda memperlakukan orang lain. 
   Raja segala raja dan Tuhan segala tuhan, biarlah kasih, kebaikan, dan kasih . sayang saya kepada orang lain akan mudah dikenali seperti surai pada singa. Kuatkanlah saya untuk menjadi duta yang baik Bagi-Mu pada hari ini.
 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan