Tujuh Puluh Sekstilion dan Masih Dihitung

"Ia menentukan jumlah bintang-bintang dan menyebut nama-nama semuanya" (Mazmur 147:4).

     Ketika terakhir kali saya menghitung, saya menemukan ada 55 ayat dalam Alkitab yang menyebutkan bintang—jenis yang bersinar di langit pada malam yang cerah. Tiga belas di antaranya mengacu kepada jumlah bintang di langit. Kebanyakan ayat-ayat itu merupakan referensi numerik yang membuat jenis perbandingam sebagaimana yang kita temukan dalam Kejadian 22:17, “ Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kata-kata musuhnya? 
     Jadi berapa banyakkah bintang yang ada? Dan berapa banyak butiran pasir yang ada di bumi? Faktanya bahwa tidak ada yang pernah atau bisa menghitungnya. Di suatu proses penghitungan, sebuah bintang atau butiran pasir bisa terlewatkan tanpa terhitung, kemudian satu atau dua mumgkin akan dihitung dua kali. Intinya bahwa Kita tidak bisa menghitung semua berkat Tuhan. Tapi memerkirakan berapa banyak bintang di alam semesta dan pasir di planet bumi kita adalah latihan mental yang tampak banyak menikmatinya. Perkiraan saat ini jumlah bintang di Galaksi Bima Sakti kita sendiri 200 miliar.
     Bagaimanakah jika Anda memiliki mesin yang bisa menghitung satu bintang setiap detik dan menghitung 24 jam sehari dam 7 hari sepekan? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghitung semua bintang yang ada di galaksi kita saja? Nah, mengapa Anda tidak melakukan penghitungan matematis? Tuliskan angka 2 diikuti 11 angka nol. Itu adalah bagaimana Anda menulis 200 miliar. Sekarang bagilah 200 miliar dengan jumlah detik dalam satu tahun. Ingat bahwa satu tahun adalah 365,25 hari (itulah alasan mengapa kita memiliki lompatan 1 hari setiap empat tahun}. Jika Anda melakukan perhitungan yang tepat, maka Anda akan mendapatkan 31.557.600 detik dalam setahun. 
      Anda mungkin akan memerlukan kalkulator ilmiah, karena kita akan menghitungnya dengan jumlah yang besar. Ketika Anda membagi 200 miliar dengan 31.557.600 maka Anda akan mendapatkan 6.337,62 tahun. Itu semua catatan sejarah pada mesin kita, hanya untuk menghitung bintang “paling dekat" kepada planet bumi kita. Kita masih memiliki jalan yang sangat panjang untuk ditempuh, karena ada bintang-bintang pada miliaran galaksi lain untuk dihitung. Perkiraan saat ini bahwa alam semesta memiliki 70 Sekstilion bintang. Tulis jumlah itu dengan angka 7 diikuti oleh 22 anglea nol. Mesin penghitung bintang kita akan menghitungnya lebih dari satu sekstilion tahun. Betapa Tuhan menakjubkan!.
     Tuhan dan Juruselamat, Engkau membuat setiap bintang dam memanggilnya dengan namanya? Engkau adalah Tuhan yang luar biasa. Saya tunduk dan menyembah Engkau karna saya tidak bisa memahami kebesaran-Mu, kreativitas-Mu, dan kemuliaan-Mu. Saya meninggikan dan menyembah Engkau pada kaki-Mu.
 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan