Pencari Matahari

Maka Allah menciptakan binatang-binatang laut yang besar dari segala jenis makhluk hidup yang bergerak yang berkeriapan dalam air; dan segala jenis burung yang bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik" (Kejadian 1:21). 

   Burung camar Arktik adalah burung yang bagus dan menghabiskan sebagian besar hidupnya terbang di atas lautan untuk mencari makanan. Burung ini berukuran sedang, sebagian besar berwarna putih dengan abu-abu muda di bagian atas, lalu garis hitam mencolok mulai dari bawah mata hitamnya. Memiliki paruh merah cerah dan kaki berselaput berwarna merah. Karena sebagian besar hidupnya di udara, Anda dapat melihat bahwa ekor burung ini bercabang. Jika Anda ingin mengetahui barat rata-rata camar Arktik. Anda membutuhkan sekitar 40 koin. Genggam 40 koin tersebut di tangan Anda. Beratnya kira-kira 3,5 ons (1 ons:28,35 gram). 
    Burung camar Arktik menikmati musim panas terus-menerus. Ketika musim panas di bagian udara, camar ini ada di sana membesarkan anak-anaknya di pantai berbatu Greenland utara atau Islandia. Kemudian, ketika musim panas akan berakhir, camar ini dan anak-anaknya akan menuju ke arah Laut Weddell di Antartika sekitar 12.000 mil ke selatan. Data penelitian dari pencatat data yang sangat kecil yang diikatkan di kaki camar menunjukkan bahwa camar mengikuti kurva S besar secara berulang menyeberangi lautan. Pada saat camar tiba di ujung selatan, musim panas telah mulai, sehingga burung itu menghabiskan siang hari untuk terbang dan makan. 
     Gaya hidup burung camar Arktik memberikan perbedaan yaitu menjadi satu-satunya hewan yang paling banyak menikmati sinar matahari daripada setiap makhluk yang ada di bumi. Karena camar ini telah menempuh perjalanan jauh. maka camar ini mendapatkan rekor kedua: Burung penempuh jarak yang paling jauh selama migrasi tahunan. Peneliti mengetahui bahwa burung camar ini terbang setidaknya 24.000-30.000 mil (1 mil=1,6 km) setiap tahun dalam perjalanan yang berputar dari kutu ke kutub. Tapi data perjalanan camar ini menunjukkan lebih 40.000 sampai 50.000 mil setiap tahun. Karena burung ini hidup sekitar 30 tahun, maka camar ini mungkin terbang sekitar 1,5 juta mil selama hidup statistik yang menakjubkan untuk burung yang beratnya setara 40 koin. 
   Terlebih lagi, para peneliti menemukan, meskipun camar tidak melakukan penerbangan bergerombol namun semua camar berangkat dari daerah musim dingin, melintasi khatulistiwa, meninggalkan makanan laut dan tempat persinggahan, lalu masing-masing tiba di tempat musim panas, camar ini melakukan hal yang serupa bersama-sama.
   Tuhan dari semua, Pencipta camar arktik. bagaimanakah Engkau memprogram penerbang yang menakjubkan ini di tempat yang tepat pada waktu yang tepat? Ke manakah Engkau inginkan saya berada hari ini? Katakan saja waktu dan tempatnya. Saya juga mencari matahari dan rindu berjemur dalam terang kemuliaan-Mu.
 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan