Semut Guru

“Tunjukkan cara-Mu, ya TUHAN, ajarilah saya jalan Anda” (Mazmur. 25:4).

Bahasa tubuhnya berbicara. Butuh semua penguasaan diri dan disiplin yang dapat ia kerahkan untuk mendapatkan tempat duduk kembali di sudut kelas saya pada hari pertama kelas. Dagu dekat ke dada dan menonjol, mata disipilkan mengintip melalui alis yang naik, yang menunjukkan ia tidak ingin berada di sini dan tidak tertarik kelas biologi. Memperhatikan tanda-tanda negatif itu, saya menyambut dengan hangat. Entah bagaimana ia berhasil melalui periode kelas pertama... dan kedua... dan ketiga. Tetapi tidak mudah. Kemampuan membaca yang buruk biasanya menghasilkan prestasi akademis yang buruk, walau demikian ia tetap ada di kelas dan mulai menyatu dengan saya dan pelajaran.

Pekerjaan saya sebagai guru adalah seperti menghubungkan karet gelang besar yang tidak terlihat dengan masing-masing siswa saya. Beberapa bersikap menjauh, dan karet gelang membuat mereka dekat bersama saya. Yang lainnya harus saya tarik. Karet gelang merenggang dan juga meregang, tetapi mereka belum bergerak. Musim panas yang lembap terasa sangat panas. Akhirnya, saya merasakan sedikit kemajuan. Mereka mulai mau belajar. Menerapkan regangan yang lebih besar bisa membuat mereka mempercepat atau memutuskan karet gelang. Peka atas kerapuhan setiap karet, saya menarik lebih keras. Kami berdua bergerak sekarang dan menambah kecepatan. Eh, oh, kami menabrak tempat yang keras. Satu atau lebih mahasiswa saya berhenti ribut-ribut. Karet gelang putus, dan saya harus kembali menghubungkannya lagi sebelum kami semua bergerak lagi.

Menyesuaikan pengajaran dengan kecepatan belajar, membuat guru dan siswa tetap terhubung melalui umpan balik yang konstan dari kedua pihak, mengajar dengan keadaan manusia yang unik. Tapi sekarang para peneliti di University of Bristol, mempelajari semut, membuat kesimpulan bahwa mereka menemukan perilaku mengajar/belajar setidaknya melalui satu spesies semut. Seekor semut yang telah berada pada sumber makanan dan mempelajari rute ke sarang akan secara teratur mengajarkannya kepada semut-semut lainnya. Semut akan berjalan beriringan dengan semut guru yang memimpin jalan. Tanpa semut “pelajar,” maka guru bisa kembali ke sumber makanan dan kembali dua kali dalam waktu yang dibutuhkan dengan penandaan semut lain. Semut pelajar mengembara di jalan dengan sedikit memutar. Jadi semut guru memperlambat, menunggu semut lain untuk tetap pada jalur sebelum berpindah. Setelah satu perjalanan, semut pelajar bergegas atau menjadi guru. Kadang-kadang, bisa saja pelajar melakukan “transportasi dua arah” ke sumber makanan, karena masih belum tahu jalan pulang.

Tuhan, berapa banyak jalan memutar yang telah saya jalani? Saya tahu bahwa Engkau mengajarkan saya untuk tetap pada jalan rata dan mulus. Jadilah pasangan pelari saya.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan