Dua Proyek Besar

"Sebagaimana engkau tidak mengetahui jalan angin dan tulang-tulang dalam rahim seorang perempuan yang mengandung, demikian juga engkau tidak mengetahui pekerjaan Allah yang melakukan segala sesuatu " (Pengkhotbah 11:5).

Sebagian besar kita mungkin pernah mendengar tentang Human Gemme Project yang seharusnya selesai pada tahun 2003. Proyek 14 tahun bernilai miliaran dolar untuk mengurutkan 6 miliar nukleotida diatur dalam 20.000 sampai 25.000 gen dari sel manusia ini dikatakan akan diselesaikan, tetapi masih banyak yang harus dilakukan bahkan satu dekade kemudian. Sebagaimana Anda tahu, kita belum mengetahui berapa banyak gen yang sudah diurutkan. Itu karena gen tumpang tindih dan cara yang menarik dengan berbagai strategi penyambungan dapat membuat beberapa protein pada urutan DNA. Juga, sebagian besar masing-masing 46 kromosom manusia menolak dirangkaikan karena adanya urutan rangkaian berulang yang tidak berujung.

Jadi apakah yang telah kita pelajari? Pertama dan terpenting, genom manusia (jumlah total semua gen kita) sangat kompleks namun sangat teratur. Sekali lagi, kita harus mengakui bahwa kita tidak tahu berapa banyak sebenarnya gen yang kita miliki. Mungkin pernah kita pikir bahwa kita tahu bagaimana cara kerja gen, tetapi sekarang kita menyadari itu tidak sesederhana yang kita pikirkan. Penelitian lebih lanjut telah mengungkapkan bahwa sebagian besar DNA kita (hampir 99 persen) bukanlah gen. Banyak DNA bukan gen adalah rangkaian berulang dan rangkaian kontrol DNA. Selain itu, kita menemukan bahwa kita memiliki banyak DNA yang sama dengan dengan organisme lain.

Komunitas besar ahli saraf memulai Human Connectome Project tahun 2009. Connectome adalah peta atau diagram semua neuron dan sinapsis dalam sistem saraf organisme. Proyek ini merupakan kolaborasi lima tahun oleh 16 divisi National Institutes of Health, dengan upaya dua arah untuk memetakan otak bagi peningkatkan pemahaman kita tentang cara kerjanya. Sebuah konsorsium dua universitas riset saat ini memetakan connectâmes dari 1.200 orang, termasuk banyak pasangan kembar, untuk menentukan bagaimana struktur otak berhubungan dengan fungsi, serta kemungkinan efek lingkungan pada struktur otak. Konsorsium lain dari dua universitas riset besar, ditambah sebuah rumah sakit penelitian, menggunakan teknik MRI baru untuk melacak pergerakan air melalui sel-sel otak yang mengembangkan peta jalur otak resolusi tinggi.

Saya hanya bisa melihat Sang Pencipta dan Perancang semua ini, berdiri dalam bayangan memerhatikan dan tersenyum lebar sementara ilmu pengetahuan mengungkapkan karya-Nya.

Karena saya diciptakan dahsyat dan ajaib, saya dengan senang hati mendedikasikan hidup saya untuk melayani-Mu. Apakah yang Engkau ingin saya lakukan untuk Kerajaan-Mu hari ini?

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan