Penangkis yang Kuat

Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu” (Yakobus 4:7,8).

Itu seharusnya menjadi salah satu pesta sore musim panas yang menyenangkan-piknik bersama teman-teman. Frisbee sedang terbang, net bulu tangkis sudah siap, makanan di panggangan, minuman ringan pakai es, potongan semangka, stroberi berwarna-warni dan salad bayam campur zesiy vinaigrette. Teman membawa kursi, taman dan selimut di atasnya. Sementara permainan bulutangkis hampir selesai, tamu tak diundang mulai tiba juga. Menepuk. Menggaruk. Menepuk. Kaki telanjang berhiaskan bintik darah karena nyamuk yang kena tepuk. Leher, pipi, dan bahu sekarang menunjukkan bekas juga. Tapi hanya untuk beberapa orang. Mengapa saya menepuk dan menggaruk sementara yang lain tidak terganggu? Ini tidak adil. Apakah nyamuk benar-benar memilih siapa yang akan digigit? Apakah pakaian, kulit, atau darah seseorang lebih menarik bagi nyamuk daripada orang lain?

Ya, beberapa orang menjadi target lebih menarik daripada yang lain. Dengan beberapa faktor, kita tidak bisa mengendalikan nyamuk. Sebagai contoh, gen kita-mungkin membuat bau badan alami kita jadi menarik bagi nyamuk. Metabolisme kolesterol dan komposisi organik asam pada kulit kita dapat memengaruhi bagaimana nyamuk merespons. Tetapi ada beberapa hal yang dapat kita kontrol, seperti memakai pakaian berwarna terang dan menghindari daerah-daerah teduh. Tidak menggunakan sampo yang harum, deodoran, dan parfum, terkadang-kadang sedikit membantu. Mengolesi DEET yang beraroma bau atau picaridin yang tidak berbau telah terbukti menjadi pelindung, karena nyamuk tidak suka bahan kimia. Satu hal yang saya belum coba adalah berhenti bergerak dan berhenti bernapas. Artinya, gerakan bisa menarik bagi nyamuk, dan nyamuk memiliki detektor sangat sensitif terhadap CO2 yang dapat mendeteksi Anda 50 meter jauhnya. Bagaimanapun juga, lakukanlah pencegahan!

Di Alaska, di mana nyamuk bisa menjadi ancaman serius, dianjurkan untuk menutupi semua kulit Anda dengan kain katun yang ketat, bukan tenunan poliester yang longgar. Penutup kepala, pakaian yang baik, penggunaan setidaknya 30 persen DEET, dan antinyamuk menjadi perlindungan terbaik terhadap kawanan nyamuk.

Pelajarannya jelas. Tetap dekat dengan DEET segar dan antinyamuk. Nyamuk akan segera berbalik pergi dan terbang ke arah lain. Tetap dekat dengan perlindungan adalah kuncinya.

Tuhan, apakah cara untuk selalu bersama-Mu? Berilah saya hati yang benar benar tunduk kepada-Mu dan menolak Setan. Biarlah saya tetap dekat dengan Mu, pelindung dan perisai saya.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan