Sebab dan Akibat

“Dan engkau, anakku Salomo, kenallah Allahnya ayahmu dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan dengan rela hati, sebab TUHAN menyelidiki segala hati dan mengerti segala niat dan cita-cita. Jika engkau mencari Dia, maka la berkenan ditemui olehmu, tetapi jika engkau meninggalkan Dia maka Ia akan membuang engkau untuk selamanya" (1 Tawarikh 28:9).

Dua peristiwa singkat yang terjadi berikut ini. Yang pertama adalah kecelakaan serius diikuti pecahan kaca yang hancur menjadi jutaan potongan. Yang lain adalah latihan berjalan agar lancar di halaman depan, sampai... arah garis yang mengarah lurus ke jendela besar. Tidak butuh waktu lama untuk mengetahui peristiwa manakah yang pertama terjadi pada kedua peristiwa di atas, bukan?

Bahwa kedua peristiwa itu berkaitan. Yang pertama selalu menjadi penyebab, sedangkan berikutnya adalah akibat. Sesederhana itu. Menarik ekor kucing (penyebabnya), dan Anda mendengar suara mengeong (akibat). Melubangi dasar perahu layar Anda (penyebabnya), dan perahu terisi air (efek pertama) dan tenggelam (efek kedua), maka Anda harus berenang ke pantai (efek ketiga) dan memanggil taksi untuk pulang (efek keempat). Ada beberapa penyebab yang memicu peristiwa berantai.

Apakah sebuah penyebab tertentu selalu memiliki efek yang persis sama? Pegolf tentu berharap demikian. Itulah sebabnya mereka berlatih begitu banyak. Mereka membayangkan bahwa jika Anda memukul bola dengan cara yang sama, maka boh itu akan menuju ke tempat yang sama. Tantangan pegolf adalah mengendalikan banyak variabel: ayunan, cuaca, angin, dan tentu saja untuk memasukkan bola putih kecil ke lubang. Para ilmuwan juga tergantung pada penyebab tertentu yang selalu memberikan efek yang sama. Mengontrol semua variabel adalah tantangan eksperimen ilmiah. Kebanyakan ilmuwan akan meninggalkan kegiatan mereka jika mereka berpikir bahwa alam berubah-ubah.

Kisah Ayub memungkinkan kita untuk menyadari bahwa ketika faktor (penyebab) terjadi maka kita tidak tahu efek yang yang dihasilkan, sehingga kita mungkin tidak mengerti. Ayub melakukan (penyebab) semuanya dengan benar, tetapi karena sedikit eksperimen kosmis, semua efek tiba-tiba mengarah berlawanan. Temannya menyalahkannya karena tindakan yang salah. Dan meskipun Ayub tidak memahami apa yang sedang terjadi, dan tentu saja tidak menikmati efek yang dialami, namun kepercayaannya tak tergoyahkan kepada Allah yang menarik Ayub untuk melewatinya. Meskipun sebagian besar waktu, sebab dan akibat tidak dapat diprediksi dan dimengerti, namun tetaplah bertahan!

Tuhan, saya siap melayani Engkau sekarang. Apakah keinginan-Mu untuk saya? Saya akan "menyebabkan" apa pun kehendak-Mu hari ini, mengikuti petunjuk yang tertulis dan lisan. Namun, efeknya, Tuhan, adalah bagian-Mu sepenuhnya, dan saya tidak akan khawatir tentang efek itu sama sekali. Saya percaya Engkau sepenuhnya.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan