Saudara-saudara Saya


"Lalu berdirilah raja Daud dan berkata: ‘Dengarlah, hai saudara-saudaraku dan bangsaku!" (1 Tawarikh 28:2).
Saya diberkati karena memiliki tiga saudara. Saya tahu, dari semua saudara-saudara saya, sayalah anak kesayangan. Tetapi kemudian, saya tahu bahwa kakak, dan adik saya, saudara tersayang (sekarang kakek kami) semua merasakan hal yang sama. Masing-masing dari kita tahu itu, dan dengan yakin berkata, “Saya anak kesayangan.” Jadi ketika kami bersama-sama dalam keluarga, seperti yang sering kami lakukan, kami menikmati saat menyenangkan bersama-sama. Itulah persahabatan dan kasih yang tulus.

Setiap kali saya mengingat Raja Daud, saya memikirkan sebuah pemimpin pelayan yang sangat sukses. Apa yang membuatnya menjadi “manusia di hadapan hati Allah” adalah fakta bahwa ia dan kepemimpinannya tunduk kepada Allah. Ya, kadang-kadang dia berlari mendahului Tuhan, tetapi dia selalu kembali di bawah kepemimpinan-Nya. Lalu Daud menjadi tua, dan sekarang waktunya bagi dia untuk mundur.

Ketika saya membaca kisah transisi kekuasaan dari Daud kepada Salomo, seperti yang dicatat dalam 1 Tawarikh 28 dan 29, saya terpesona oleh kekuatan dan keagungan pemerintahan Daud. Dia telah menaklukkan semua kerajaan sekitarnya dan menerima upeti dari mereka. Sejauh yang kita tahu, rakyatnya mencintainya. Ia telah menjadi raja selama 40 tahun-memerintah dua atau mungkin tiga generasi umatnya. Namun ketika ia bangkit untuk memberikan pidato perpisahannya, dia tidak memanggil rakyatnya sebagai subyek atau buruh atau budak. Dia menyebut mereka sebagai saudara, menempatkan dirinya pada tingkatan mereka. Dan bahasanya menunjukkan bahwa ia tidak melupakan perintah Allah dalam Ulangan 17, ketika Dia telah setuju untuk membiarkan umat-Nya memiliki raja mereka sendiri. Tuhan telah mengarahkan mereka untuk memilih satu dari antara mereka “saudara-saudara” (ayat 15) dan bahwa raja itu harus menuruti semua hukum dan ketetapan sehingga hatinya "akan tidak diangkat di atas saudara-saudaranya" (ayat 20).

Kerendahan hati Daud mengingatkan saya bahwa kesombongan menyebabkan kebanyakan orang Kristen berjalan mendahului Allah dan akhirnya kehilangan iman mereka. Kesombongan menyebabkan jatuhnya Lusifer. C. S. Lewis, dalam bukunya Mere Christianity, mengamati bahwa kesombongan “telah menjadi penyebab utama kesengsaraan di setiap bangsa dan keluarga sejak dunia dijadikan.... Selama Anda sombong, Anda tidak bisa mengenal Allah. Seorang yang selalu sombong menganggap rendah hal-hal dan orang-orang” (hlm. 96). Raja Daud, meskipun ia memiliki kekuasaan dan kemuliaan, mengganggap semuanya berasal dari Tuhan dan umatnya disebut “saudara.”

Tuhan, lagi dan lagi, selama itu dibutuhkan, ajarlah saya untuk datang di bawah kepemimpinan-Mu, tunduk dalam setiap aspek kehidupan, dan untuk memberikan semua kemuliaan dan hormat bagi-Mu.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan